Pengaruh penerapan teknik pembelajaran peta pikiran (mind mapping) terhadap kemampuan menulis karangan siswa kelas V SDN. Di Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba

MUTEMAINNAH, MUTEMAINNAH (2018) Pengaruh penerapan teknik pembelajaran peta pikiran (mind mapping) terhadap kemampuan menulis karangan siswa kelas V SDN. Di Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. S1 thesis, pascasarjan.

[img] Text
ARTIKEL TESIS MUT.docx

Download (65kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan diSDN. 35 Dan 36 Bontosunggu Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba dengan tujuan untuk mengetahui: (1) gambaran penerapan teknik peta pikiran (mind maping) oleh guru dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut. (2) gambaran kemampuan menulis karangan kelompok control sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran dengan metode ceramah. (3) gambaran kemampuan menulis karangan kelompok eksperimen sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran dengan teknik peta pikiran (mind mapping). (4) pengaruh penerapan teknik pembelajaran peta pikiran (mind mapping) terhadap kemampuan menulis siswa. Jenis penelitian ini adalah true eksperiment dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah siswa kelasV SDN. 35 dan 36 Bontosunggu Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba yang berjumlah 37 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa yang terdiri dari 15 siswa SDN. 35 dan 15 siswa SDN.36. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis statistic deskriptif dan inferensial dengan ujinormalitas dan homogenitas yang menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen sehingga dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji independent samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan teknik pembelajaran peta pikiran (mind mapping) dalam pembelajaran menulis karangan terlaksana dengan baik. (2) kemampuan menulis karangan pada siswa kelas control berada pada kategori sedang.(3) kemampuan menulis karangan pada siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan dan dikategorikan tinggi. (4) penerapan teknik pembelajaran peta pikiran (mind mapping) dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Mar 2018 02:36
Last Modified: 27 Mar 2018 02:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6091

Actions (login required)

View Item View Item