Akuntabilitas Pelayanan Publik Di Pelabuhan Makassar (Studi Pada Pelayanan Barang di Divisi Pelayanan barang Dan Aneka Usaha- PT. Persero PELINDO IV-Cabang Makassar (dibimbing oleh H.Muh. Tahir Malik, sebagai promotor, Chalid Imran Musa dan H.Hamka, masing-masing sebagai kopromotor).

TRISNOWATI, RAHAYU (2014) Akuntabilitas Pelayanan Publik Di Pelabuhan Makassar (Studi Pada Pelayanan Barang di Divisi Pelayanan barang Dan Aneka Usaha- PT. Persero PELINDO IV-Cabang Makassar (dibimbing oleh H.Muh. Tahir Malik, sebagai promotor, Chalid Imran Musa dan H.Hamka, masing-masing sebagai kopromotor). S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
TRISNOWATI RAHAYU. 2014.docx

Download (20kB)

ABSTRAK TRISNOWATI RAHAYU. 2014 Akuntabilitas Pelayanan Publik Di Pelabuhan Makassar (Studi Pada Pelayanan Barang di Divisi Pelayanan barang Dan Aneka Usaha- PT. Persero PELINDO IV-Cabang Makassar (dibimbing oleh H.Muh. Tahir Malik, sebagai promotor, Chalid Imran Musa dan H.Hamka, masing-masing sebagai kopromotor). Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui dan menganalisis proses akuntabilitas pelaksanaan jasa pelayanan barang yang ada di divisi pelayanan barang dan aneka usaha - di PT. (Persero) Pelindo IV cabang Makassar, sekaligus menemukan model pelayanan yang akuntabel. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung pada proses akuntabilitas pelaksanaan jasa pelayanan barang yang ada di divisi pelayanan barang dan aneka usaha- di PT. (Persero) Pelindo IV cabang Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui; observasi, wawancara, dan dokumen. Sumber data informan penelitian meliputi; Manajer pelayanan barang dan aneka usaha ; Ass. Manajer pelayanan barang; Ass. Manajer aneka usaha; Kepala Bidang Lalu Lintas Dan Angkutan Laut, Operasi Dan Usaha Kepelabuhan; Perwakilan Perusahaan Bongkar Muat Barang ; Perusahaaan pelayaran; supervisor gudang dan lapangan penumpukan; petugas pelaksana fasilitas pergudangan dan supervisor peralatan; Petugas di bagian PPSA, PPKB. Disamping informan kunci tersebut di atas, juga dilakukan wawancara terhadap : Petugas di bagian PPSA, PPKB, pengguna jasa pelabuhan adalah anggota INSA (Indonesian National Ship Ownersship Association) yang berdomisili di Makassar. Sedangakan analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa; Semua pelaksanaan jasa pelayanan pelabuhan di Makassar telah mengacu pada UU pelayaran sampai pada peraturan tehnis pelaksanaan dilapangan. Hal ini menandakan bahwa pelaksanaan jasa pelayanan yang ada di PT.Pelindo sesuai dengan ketentuan dan landasan hukum yang berlaku namun belum ditemukan adanya aturan hukum atau sanksi bagi penyedia layanan maupun bagi pengguna jasa layanan apabila melanggar dalam proses kegiatan pelayanan. Sedangkan akuntabilitas mekanisme pelayanan publik, yang di PT. (Persero) Pelindo IV cabang Makassar belum sepenuhnya mengacu pada ketentuan dari MENPAN Nomor 26 Tahun 2004 tentang Akuntabilitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik dan model akuntabilitas Sheila Elwood dan model Jabra & Dwivedi. Temuan di lapangan menunjukkan bahwa mulai dari proses di kantor otorita pelabuhan sampai kepada PT. (Persero) Pelindo IV cabang Makassar belum terdapat bagan alir proeses pelayanan kegiatan di pelabuhan. Standar pelayanan yang ada di PT.Pelindo IV belum menunjukkan transparansi karena tidak adanya pengumuman secara resmi yang harus dilalui oleh pengguna jasa pelabuhan, seperti contohnya prosedur pelayanan, waktu pelayanan dan biaya pelayanan dalam kegiatan bongkar muat barang. Temuan lainnya dalam penelitian ini adalah komitmen untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jasa pelabuhan dengan memberikan kepastian dan mutu pelayanan yang tertuang dalam service level guarantee & Services Level Agreement, Disamping itu, juga terdapat pernyataan pemenuhan keamanan fasilitas pelabuhan (statement of compliance of a port facility), Sedangkan Faktor-faktor yang mendukung akuntablitas jasa pelayanan barang yang ada di divisi pelayanan barang dan aneka usaha- PT. Pelindo IV cabang Makassar, adalah sebagai berikut ; (a) bentuk partisipasi dari pengguna jasa pelabuhan dalam menyampaikan keluhan terhadap permasalahan melalui partisipasi langsung; (b) belum terlihat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:36
Last Modified: 29 Apr 2016 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/608

Actions (login required)

View Item View Item