Profil Pemecahan Masalah Aljabar Berdasarkan Taksonomi SOLO ditinjau dari Gaya Kognitif

BANGATAU, NOFRIANTI SULASTRI (2017) Profil Pemecahan Masalah Aljabar Berdasarkan Taksonomi SOLO ditinjau dari Gaya Kognitif. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (37kB)

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui profil pemecahan masalah matematika dengan cara mengungkapkan dan mengklasifikasikan kemampuan siswa dalam merespon suatu masalah yang ditunjukkan siswa ke dalam 4 level kemampuan merespon suatu masalah menurut taksonomi SOLO. Instrument dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dipandu tes GEFT, tes Superitem, dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Makale yang terdiri dari 2 orang siswa bergaya kognitif filed dependent dan 2 orang siswa yang bergaya kognitif field independent. Pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis tugas dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan (1) subjek pertama yang bergaya kognitif field independent (FI1) menunjukkan (a) pada level unistuktural subjek memberikan satu solusi berdasarkan fakta pada soal, (b) multistuktural subjek menggunakan beberapa penggal informasi (c) pada relasional subjek menjawab soal dengan mengaitkan beberapa konsep yang telah diketahui sebelumnya dan dan (d) pada level extended abstrak Subjek tidak dapat menemukan rumus tanpa melalui prinsip/pola yang telah terbentuk. (2) subjek kedua yang bergaya kognitf field independent (FI2) menunjukkan (a) pada level unistuktural subjek memberikan satu solusi berdasarkan fakta pada soal, (b) multistuktural subjek menggunakan beberapa penggal informasi dan memfokuskan pemikiran pada beberapa aspek solusi, (c) pada relasional subjek menjawab soal dengan mengaitkan beberapa konsep yang telah diketahui sebelumnya dan (d) pada level extended abstrak Subjek dapat menemukan rumus tanpa melalui prinsip/pola yang telah terbentuk. (3) subjek ketiga yang bergaya kognitif field dependent (FD1) menunjukkan (a) pada level unistuktural ada kesalahan informasi yang digunakan untuk menjawab soal, (b) multistuktural subjek menggunakan beberapa penggal informasi, (c) pada relasional subjek dapat menyelesaikan soal dan (d) pada level extended abstrak Subjek tidak menyelesaikan soal sehingga tidak dapat menyelesaikan soal. (4) subjek 4 yang bergaya kognitif dependen (FD2) menunjukkan (a) pada level unistuktural subjek memberikan satu solusi berdasarkan fakta pada soal, (b) multistuktural subjek menggunakan beberapa penggal informasi, (c) pada relasional Subjek menyelesaikan soal (d) pada level extended abstrak Subjek dapat menyelesaikan soal.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Mar 2018 08:03
Last Modified: 26 Mar 2018 08:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6053

Actions (login required)

View Item View Item