MUSDAR M, MUSDAR M (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Ilmiah Peserta Didik. S1 thesis, Pascasarjana.
Text
ARTIKEL MUSDAR.docx Download (73kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk (i) memperoleh perangkat pembelajaran fisika berbasis keterampilan proses sains yang berkualitas, (ii) mengetahui peningkatan keterampilan ilmiah peserta didik setelah diajar dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis keterampilan proses sains, (iii) Mengetahui respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran berorientasi keterampilan proses sains yang diterapkan. Adapun perangkat yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Materi Ajar Peserta Didik (MAPD), dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Pengembangan perangkat ini menggunakan model Kemp, Morisson dan Ross yang terdiri dari sembilan unsur pengembangan yakni instructional problems, learner characteristic, task analysis, instructional objectives, sequence content, instructional strategies, instructional delivery, evaluation instrument, dan instructional resources. Uji pengembangan perangkat dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII. SMP IT Al-Fityan School Kab Gowa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa (i) Kualitas perangkat pembelajaran fisika (RPP, MAPD, dan LKPD) beroientasi keterampilan proses sains telah memenuhi kriteria kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan. (ii) peningkatan keterampilan ilmiah peserta didik setelah perangkat berorientasi keterampilan proses sains diterapkan sebesar 0,72 atau termasuk dalam kategori tinggi (iii) respon peserta didik terhadap perangkat dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sebesar 85,71% berada pada kategori sangat positif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > FISIKA (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 26 Mar 2018 05:49 |
Last Modified: | 26 Mar 2018 05:49 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6017 |
Actions (login required)
View Item |