Efektivitas Penerapan Metode Probing Prompting pada Pembelajaran Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pinrang

Nurhidaya, Syamsuddin (2014) Efektivitas Penerapan Metode Probing Prompting pada Pembelajaran Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pinrang. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Nurhidaya Syamsudding.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Nurhidaya Syamsuddin, 2014. Efektivitas Penerapan Metode Probing Prompting pada Pembelajaran Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pinrang. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing: Dr. H.Usman Mulbar, M.Pd dan Dr. Ilham Minggi, M.Si Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode Probing Prompting pada pembelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pinrang pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, yang terdiri dari 7 kelas yaitu kelas VIII.1, VIII.2, VIII.3, VIII.4, VIII.5, VIII.6, VIII.7. Yang menjadi unit eksperimen pada penelitian ini yaitu kelas VIII.7 sebanyak 32 orang siswa, yang diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar yang diberikan kepada siswa pada akhir pokok bahasan, lembar observasi aktivitas untuk mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran, angket respon siswa untuk mengetahui respon siswa terhadap metode pembelajaran Probing Prompting, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran matematika dengan metode Probing Prompting. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan 32 siswa pada unit eksperimen diperoleh skor tertinggi adalah 88 sedangkan skor terendar adalah 60. Nilai rata-rata siswa adalah 76,79 dengan standar deviasi 7,49. Hasil analisis untuk aktivitas siswa menunjukkan dari 32 siswa pada unit eksperimen persentase indikator siswa aktif adalah 80% dan 94,85% memberikan respon positif terhadap metode Probing Prompting dalam pembelajaran Matematika, dan pembelajaran ini terlaksana dengan persentase 85% yang diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang diisi oleh observer. Berdasarkan analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa metode Probing Prompting pada pembelajaran Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pinrang dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 02:11
Last Modified: 29 Apr 2016 02:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/597

Actions (login required)

View Item View Item