Pengaruh Pemberian Tugas Dengan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Tutwuri Handayani Makassar.

Siswanto, Siswanto (2014) Pengaruh Pemberian Tugas Dengan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Tutwuri Handayani Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
nur zakyah.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Siswanto, 2014. Pengaruh Pemberian Tugas Dengan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Tutwuri Handayani Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Dr. Hisyam Ihsan, M.Si. dan Sabri, S.Pd., M.Sc.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode mind mapping untuk kelas X SMA Tutwuri Handayani Makassar; (2) deskripsi hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode catatan linear (catatan biasa) untuk kelas X SMA Tutwuri Handayani Makassar; dan (3) pengaruh pemberian tugas dengan menggunakan metode mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Tutwuri Handayani Makassar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Tutwuri Handayani Makassar pada semester genap 2013/2014 dan dipilih 2 kelas secara simple random sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Analisis statistika inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode mind mapping dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode catatan linear. Analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode mind mapping lebih baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Mind Mapping, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 02:10
Last Modified: 29 Apr 2016 02:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/589

Actions (login required)

View Item View Item