Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan iklim Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP negeri 1 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang ( Dibimbing Oleh : Arifin Ahmad dan Hamsu Abdul Gani

ABD., MUHAIMIN (2015) Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan iklim Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP negeri 1 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang ( Dibimbing Oleh : Arifin Ahmad dan Hamsu Abdul Gani. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
ABD. MUHAIMIN. 2015.docx

Download (15kB)

ABSTRAK ABD. MUHAIMIN. 2015. Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan iklim Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP negeri 1 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang ( Dibimbing Oleh : Arifin Ahmad dan Hamsu Abdul Gani) Kedisiplinan belajar siswa SMP pada umumnya dan SMP Negeri 1 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang pada Khususnya mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa, dengan disiplin belajar terdapat kecenderungan seseorang dapat terbiasa dengan aktivitas belajar yang dilakukan secara teratur sehingga akan berpengaruh terhadap prestasi belajar. Demikian halnya dengan Iklim sekolah mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa dengan iklim yang kondusif di harapkan tercipta suasana yang aman, nyaman dan tertib sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan tenang dan menyenangkan. Iklim sekolah yang positif terhadap efektivitas dan produktivitas proses belajar mengajar dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian survey yang bersifat korelasional. Masalah yang diselidiki adalah apakah ada pengaruh kedisiplinan siswa dan iklim sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Baranti kabupaten Sidenreng Rappang. Baik secara sendiri- sendiri maupun secara bersama-sama. Peneltian ini bertujuan pertama untuk mengetahui gambaran kedisiplinan siswa, iklim sekolah dan prestasi belajar di SMP Negeri 1 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang. Kedua untuk mengetahui ada tidakanya pengaruh pengaruh kedisiplinan siswa dan iklim sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Baranti kabupaten Sidenreng Rappang. Baik secara sendiri- sendiri maupun secara bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 339 orang. Sampel dalam penelitian sebanyak 120 yang diperoleh dari jumlah seluruh siswa dari kelas VII, VIII dan IX, dengan pertimbangan wilaya sehingga digunakan 30% dari populasi. Pengumpulan data untuk mermperoleh skor variabel penelitian dilakukan dengan menggunakan tes prestasi belajar dan dua instrumen yakni kedisiplinan siswa dan iklim sekolah. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan korelasi sederhana dan korelasi ganda pada taraf kepercayaan α = 0,05 diperoleh pertama ada pengaruh positif yang signifikan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang, kedua ada pengaruh positif yang signifikan iklim sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Baranti Kabuparen Sidenreng Rappang, ketiga ada pengaruh positif yang signifikan antara

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 02:09
Last Modified: 29 Apr 2016 02:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/578

Actions (login required)

View Item View Item