, Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Litosfer Kelas X. (Dibimbing oleh Ramli Umar & Sulaiman Zhiddiq).

Haris, Haris (2014) , Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Litosfer Kelas X. (Dibimbing oleh Ramli Umar & Sulaiman Zhiddiq). S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Haris, 2014..docx

Download (12kB)

ABSTRAK Haris, Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Litosfer Kelas X. (Dibimbing oleh Ramli Umar & Sulaiman Zhiddiq). Penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif ini dilakukan di SMA Negeri 1 Makassar, yang bertujuan untuk: 1) mengetahui proses pengembangan media pembelajaran; 2) mengetahui efektivitas belajar dengan menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R & D. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ASSURE yang terdiri dari 6 (enam) tahapan yaitu; a) Analisis pembelajaran (Analyze learners) b) Merumuskan tujuan (State object); c) Memilih metode, media dan materi ajar (Selection method, media dan materials); d) Penggunaan media dan materi ajar ( Utilize media and materials); e) Mendorong partisipasi siswa (Require learner participation); f) tahap evaluasi dan revisi ( Evaluate and revise). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Proses pengembangan media pembelajaran meliputi beberapa tahap, yaitu: identifikasi permasalahan, pengembangan media, uji coba dan evaluasi. Dari beberapa tahapan tersebut diperoleh kevalidan media pembelajaran dari 2 orang ahli media yaitu 3,7 yang artinya berada pada kategori sangat baik 2) efektivitas belajar berdasarkan ketuntasan klasikal telah tercapai dimana sebesar 83% siswa mengalami ketuntasan hasil belajar, aktivitas siswa lebih 70 % teramati, kemampuan guru mengelola pembelajaran 3,3 berada dalam kategori tinggi dan respon siswa 87,5% berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran geografi berbasis multimedia interaktif pada pokok materi litosfer valid dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni Tari
Divisions: ?? sch_law ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 02:09
Last Modified: 29 Apr 2016 02:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/574

Actions (login required)

View Item View Item