Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri di Kabupaten Soppeng

BUNGAWATI, BUNGAWATI (2017) Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri di Kabupaten Soppeng. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
03. BAB I.docx

Download (27kB)

ABSTRAK Tingkat keberhasilan suatu proses pendidikan yaitu dengan melihat tingkat pencapaian hasil belajar siswa. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi hasil belajar yaitu kecerdasan. Kecerdasan yang dimaksud meliputi kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Tujuan penelitian ini adalah untuk (i) Mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar biologi, (ii) mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar bologi, (iii) mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar biologi, dan (iv) mengetahui pengaruh secara bersama-sama antara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar biologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Teknik pengumpulan data melalui metode angket dan dokumentasi. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif untuk mendeskripsikan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan hasil belajar siswa. Analisis statistik inferensial untuk menguji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi ganda (dengan taraf signifikansi α= 0,05) dengan bantuan program SPSS 22,0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Kecerdasan intelektual berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar biologi, (ii) kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar biologi, (iii) kecerdasan spiritual berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar biologi, (iv) kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Mar 2018 00:42
Last Modified: 16 Mar 2018 00:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5731

Actions (login required)

View Item View Item