EfektivitasPenerapanModel KooperatifTipe TPS-TSTS DalamPembelajaranMatematikaKelas V SD InpresTidungMakassar

ANDI PANGERA, AMELIA M. (2017) EfektivitasPenerapanModel KooperatifTipe TPS-TSTS DalamPembelajaranMatematikaKelas V SD InpresTidungMakassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (81kB)

Abstract

PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankeefektifanModel KooperatifTipeTPS-TSTSdalamPembelajaranMatematikaKelas V SD InpresTidung Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimen.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhpeserta didikkelasV SD InpresTidung Makassar dansampelyaknikelas Vsebagaikelaseksperimen.Data dikumpulkandenganmenggunakan instrument lembarobservasiketerlaksanaanpembelajaran, lembarobservasiaktivitaspesertadidik, teshasilbelajaruntukmengukurkemampuankognitifdankreativitasbelajarmatematika, danangketresponspesertadidik.Data dianalisismenggunakananalisisdeskriptifdananalisisinferensial.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaaktivitaspeserta didikdalampembelajaranberadapadakategorisangataktifdengan skor rata-rata 3,5, hasilbelajarmatematikapeserta didikberadapadakategoritinggidenganmean 97.00danstandardeviasi 6.63, rata-rata gain ternormalisasihasilbelajarberadapadakategoritinggi, respons peserta didik terhadap penerapan modelkooperatiftipe TPS-TSTS berada pada kategori positif dengan skor rata-rata 3,51. SecaraumumdisimpulkanbahwamodelkooperatiftipeTPS-TSTSefektifditerapkandalamPembelajaranMatematikaKelas V SD InpresTidung Makassar. Kata Kunci: KooperatiftipeTPS-TSTS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Mar 2018 07:42
Last Modified: 15 Mar 2018 07:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5717

Actions (login required)

View Item View Item