ANDI PANGERA, AMELIA M. (2017) EfektivitasPenerapanModel KooperatifTipe TPS-TSTS DalamPembelajaranMatematikaKelas V SD InpresTidungMakassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
ARTIKEL.docx Download (81kB) |
Abstract
PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankeefektifanModel KooperatifTipeTPS-TSTSdalamPembelajaranMatematikaKelas V SD InpresTidung Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimen.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhpeserta didikkelasV SD InpresTidung Makassar dansampelyaknikelas Vsebagaikelaseksperimen.Data dikumpulkandenganmenggunakan instrument lembarobservasiketerlaksanaanpembelajaran, lembarobservasiaktivitaspesertadidik, teshasilbelajaruntukmengukurkemampuankognitifdankreativitasbelajarmatematika, danangketresponspesertadidik.Data dianalisismenggunakananalisisdeskriptifdananalisisinferensial.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaaktivitaspeserta didikdalampembelajaranberadapadakategorisangataktifdengan skor rata-rata 3,5, hasilbelajarmatematikapeserta didikberadapadakategoritinggidenganmean 97.00danstandardeviasi 6.63, rata-rata gain ternormalisasihasilbelajarberadapadakategoritinggi, respons peserta didik terhadap penerapan modelkooperatiftipe TPS-TSTS berada pada kategori positif dengan skor rata-rata 3,51. SecaraumumdisimpulkanbahwamodelkooperatiftipeTPS-TSTSefektifditerapkandalamPembelajaranMatematikaKelas V SD InpresTidung Makassar. Kata Kunci: KooperatiftipeTPS-TSTS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 15 Mar 2018 07:42 |
Last Modified: | 15 Mar 2018 07:42 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5717 |
Actions (login required)
View Item |