Muhammad Ammar, Naufal (2010) Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooepratif Tipe Artikulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
Muhammad amal, naufal.docx Download (14kB) |
Abstract
ABSTRAK Muhammad Ammar Naufal. 2010. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooepratif Tipe Artikulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Makassar. Skripsi. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. (dibimbing oleh Prof. Dr. H. Nurdin Arsyad, M.Pd. dan Dr. H. Djadir, M.Pd.)Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk; (1) Mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Makassar yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Makassar yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional, (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Artikulasi melebihi 0,3, (4) Mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran Konvensional melebihi 0,3, (5) Mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Makassar yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi dan yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional.Populasi penelitian adalah siswa kelas siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Makassar. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 dan kelas XI IPA 4 dengan jumlah siswa keseluruhan 60 orang. Hipotesis penelitian ini adalah (1) peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Artikulasi pada kelas XI IPA SMA Negeri 5 Makassar melebihi 0,3, (2) peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran Konvensional pada kelas XI IPA SMA Negeri 5 Makassar melebihi 0,3, (3) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Artikulasi dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Konvensional di kelas XI IPA di SMAN 5 Makassar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar Matematika yang telah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas dengan jumlah 5 soal. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi berada pada kategori baik sekali dengan skor rata-rata 82,467 dan rata-rata peningkatan hasil belajar Matematika siswa berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 0,7621. Sedangkan rata-rata hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 46,367 dan rata-rata peningkatan hasil belajar Matematka siswa berada pada kategori rendah dengan skor rata-rata 0,2432. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi melebihi 0,3. Peningkatan hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional tidak melebihi 0,3. Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi dan yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi, Model Pembelajaran Konvensional, dan Hasil Belajar Matematika
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FMIPA > Matematika |
Divisions: | ?? sch_mat ?? |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 28 Apr 2016 07:09 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 07:09 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/566 |
Actions (login required)
View Item |