Pengaruh Penilaian Portofolio dan Kemampuan Awal dalam Model Pembelajaran Advanced Organizer terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA 12 Makassar

IRMAYANTI, IRMAYANTI (2016) Pengaruh Penilaian Portofolio dan Kemampuan Awal dalam Model Pembelajaran Advanced Organizer terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA 12 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I rev 4.docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penilaian portofolio dan kemampuan awal dalam model pembelajaran advanced organizer terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA SMA 12 Makassar (studi pada materi pokok larutan penyangga). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 12 Makassar tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak kelas dan kelas yang terpilih adalah adalah kelas XI IPA2 dan Kelas XI IPA3. Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS 20 analisis menggunakan Two Ways MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tidak ada pengaruh penilaian portofolio dalam model pembelajaran Advanced Organizer terhadap pemahaman konsep peserta didik di kelas XI IPA SMA Negeri 12 Makassar pada materi pokok larutan penyangga. (2) Ada pengaruh penilaian portofolio dalam model pembelajaran Advanced Organizer terhadap motivasi belajar peserta didik di kelas XI IPA SMA Negeri 12 Makassar pada materi pokok larutan penyangga. (3) Ada pengaruh kemampuan awal dalam model pembelajaran Advanced Organizer terhadap pemahaman konsep peserta didik di kelas XI IPA SMA Negeri 12 Makassar pada materi pokok larutan penyangga. (4) Tidak ada pengaruh kemampuan awal dalam model pembelajaran Advanced Organizer terhadap motivasi belajar peserta didik di kelas XI IPA SMA Negeri 12 Makassar pada materi pokok larutan penyangga. (5) Ada interaksi antara penilaian portofolio dan kemampuan awal dalam model pembelajaran Advanced Organizer terhadap pemahaman konsep peserta didik di kelas XI IPA SMA Negeri 12 Makassar pada materi pokok larutan penyangga. (6) Ada interaksi antara penilaian portofolio dan kemampuan awal dalam model pembelajaran Advanced Organizer terhadap motivasi belajar peserta didik di kelas XI IPA SMA Negeri 12 Makassar pada materi pokok larutan penyangga.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Mar 2018 02:30
Last Modified: 13 Mar 2018 02:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5609

Actions (login required)

View Item View Item