Pengembangan Tes Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VIII SMP Sungguminasa Gowa

WAHYUNI, SRI (2016) Pengembangan Tes Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VIII SMP Sungguminasa Gowa. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
5.THESIS.docx

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir tingkat tinggi berdasarkan revisi taksonomi Bloom adalah kemampuan yang melibatkan analisis, evaluasi, dan mencipta yang dikombainkan dengan dimensi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan tes Sistem Persamaan Linear Dua Variabel berdasarkan revisi taksonomi Bloom yang berkualitas untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VIII SMPN Sungguminasa Gowa. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 4 Sungguminasa Gowa sebanyak 117 orang yang terdiri dari 80 orang perempuan dan 37 orang laki-laki. Prosedur pengembangan instrumen yang digunakan mengadopsi desain pengembangan formative research oleh Tesmer yang terdiri dari tahap preliminary, yakni penentuan tempat dan subyek penelitian, tahap evaluasi diri yakni mengidentifikasi materi pembelajaran matematika, mengetahui jumlah siswa dan informasi bahwa siswa belum mendapat dan mengerjakan soal berpikir tingkat tinggi serta penyusunan desain soal-soal uraian berpikir tingkat tinggi dan tahap formative evaluation (expert review, evaluasi one to one, evaluasi small group, dan field test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan revisi taksonomi Bloom yang dikembangkan berkualitas dalam hal ini bersifat valid, reliabel, dan memiliki potensial efek tes kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat diselesaikan oleh siswa sesuai dengan tingkat kemampuan matematiknya. Siswa berkemampuan tinggi dapat mengerjakan tes kemampuan tinggi sampai pada level mencipta, siswa berkemampuan sedang dapat mengerjakan tes berkemampuan tinggi sampai pada level mengevaluasi, dan siswa berkemampuan rendah hanya mampu mengerjakan tes berkemampuan tinggi pada level menganalisis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Mar 2018 01:19
Last Modified: 13 Mar 2018 01:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5601

Actions (login required)

View Item View Item