Interferensi Budaya dalam Kelas Bahasa Inggris

NURMAISYAH, NURMAISYAH (2014) Interferensi Budaya dalam Kelas Bahasa Inggris. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Thesis.doc

Download (589kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis interferensi budaya yang ditunjukkan dalam dimensi budaya melalui ucapan-ucapan siswa serta efek dari interferensi budaya dalam kelas berbahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel terdiri dari 15 siswa sebagai sampel sengaja. Data dikumpulkan dengan mengamati, mengajar, dan merekam siswa yang dianalisis melalui analisis wacana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa interferensi budaya dalam ucapan-ucapan siswa. Interferensi budaya tersebut dikategorikan ke dalam dimensi budaya. Selanjutnya, terdapat lima dimensi budaya yang muncul dalam berbahasa Inggris. Karena ruang lingkup penelitian merupakan budaya perilaku, maka peneliti menggunakan teori Gert Hofstede untuk menemukan jenis-jenis dimensi budaya dalam ucapan-ucapan siswa untuk mengidentifikasi dimensi budaya yang mengacu pada interferensi budaya,. Dimensi tersebut adalah; 1. High Power Distance, 2. Collectivist and Individualist, 3. Femininity and Masculinity, 4. Strong and Weak Uncertainty Avoidance, and 5. Short and Long Term Orientation.. Dalam proses belajar mengajar, peneliti menemukan bahwa efek dari interferensi budaya sangat mempengaruhi kemampuan berbahasa siswa. Para siswa memadukan budaya mereka sendiri dalam mengeluarkan pendapat dengan menggunakan bahasa target. Mereka mempresentasikan pendapat mereka berdasarkan topik yang terdapat dalam buku yang disediakan. Oleh karena itu, dengan berfokus pada interferensi budaya dalam kelas berbahasa Inggris dengan menyediakan buku yang terkait dengan budaya mampu meningkatkan kemampuan berbahasa siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Mar 2018 07:21
Last Modified: 06 Mar 2018 07:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5395

Actions (login required)

View Item View Item