Pasca Pelatihan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 26 Makassar

KAWA, NUR FATNA (2016) Pasca Pelatihan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 26 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

Penelitianinibertujuanmendeskripsikan, 1) Profil pengetahuan guru SMP Negeri 26 Makassar tentang konsep Kurikulum 2013 2) Profil guru SMP Negeri 26 Makassar menerapkan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Indonesia.Data dalampenelitianiniadalahhasilwawancaradenganpara guru bahasa Indonesia SMP Negeri26Makassardanobservasi di kelas pada saat proses belajar mengajar berlangsung.Sumber data dalampenelitianiniadalahinformanyaituguru bahasa Indonesia SMP Negeri26 Makassar.Untukmemeroleh data penelitiandigunakanteknikwawancaradanobservasi.Data yang terkumpuldianalisisdenganmenggunakananalisisdeskriptifnaratif.Hasilanalisis data menunjukkanbahwa 1) Profilpengetahuan guru yang beragamdantidakberbanding linear denganketigaaspekdalamkonsepKurikulum 2013.Profilpengetahuan guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 26 Makassar beradapada tingkatancukupdanbaik..dan 2)Profil guru menerapkanKurikulum 2013 dalampembelajaranbahasa Indonesia di kelasataupengelolaanpembelajaranjugaberagamdantidakberbanding linear. Pengelolaanpembelajaraninidilihatdariketigaaspekyaitupendahuluan, inti, danpenutup.Ada guru yang sangatbaikdalamaspekpendahuluan, baikdalamaspekintitapikurangdalamaspekpenutup, ada guru yang baikdalamaspekpendahuluantapicukupdalamaspekintidanpenutup, danada guru yang baikdalamaspekpendahuluandanintitapicukupdalamaspekpenutup. Berdasarkanhasilpenelitianini, diajukan saran, untukpara guru ataucalon guru bahasa Indonesia.HendaknyalebihmenguasailagikonsepKurikulum 2013 yang terdiridaritigaaspekitu agar dalampengaplikasian di kelas, semua item yang tergabungdalamkegiatanpembelajaran yang mencakuptigabagiandapatterlaksanasecarakeseluruhan. Kepadapenelitiselanjutnyauntukmengkajilebihdalammengenaiprofilmengajar guru agar ditemukanlagihal-hal yang dapatdiperhatikandengansaksamagunameningkatkankemampuanmengajar guru di masamendatang.Selainitu, diajukan pula saran kepadapenelitiselanjutnyauntukmelengkapipenelitianinidenganmengkajilebihdalamdanlebih detail mengenaiprofilmengajar guru mengingatketerbatasan yang dimilikiolehpeneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Feb 2018 01:44
Last Modified: 18 Dec 2018 08:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5069

Actions (login required)

View Item View Item