Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bantaeng

HIKMAH, NUR (2015) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bantaeng. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan dimensi tiga. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain “Randomized Pretest-Posttest Equivqlent Group”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X yang ada di SMA Negeri 2 Banteng. Dua kelas yang diambil sebagai sampel adalah kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas (X.3) sebagai kelas kontrol. Dengan jumlah siswa 29 orang untuk kelas eksperimen dan 31 orang kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan pendekatan saintifik. Sedangkan untuk kelas kontrol diajar dengan menggunaan model pembelajaran langsung. Ada 2 instrumen yang di konstruksi oleh penulis sendiri dan selanjutnya digunakan dalam penelitian ini, yaitu (1) lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran, (2) tes hasil kemampuan pemecahan masalah matematika. Perangkat pembelajaran yang digunakan oleh penulis (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan (2) Lembar Kerja Siswa, masing-masing untuk empat pertemuan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa untuk kelas eksperimen yaitu skor rata-rata posttest berada dalam kategori “sedang” dengan rata-rata 67,3 dan simpangan baku 10,091. Hasil penelitian yang diperoleh untuk kelas kontrol yaitu skor rata-rata post-test berada dalam kategori “sangat rendah” dengan rata-rata 53,3 dan simpangan baku 10,44. Dari perbedaan yang dihasilkan dari kedua model pembelajaran tersebut diperoleh hasil bahwa rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan pendekatan saintifik lebih baik dibanding dengan rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Hasil analisis statistika inferensial dengan menggunaan Independent Sample T Test. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Bantaeng. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), Pendekatan Saintifik, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2018 08:00
Last Modified: 27 Feb 2018 08:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5059

Actions (login required)

View Item View Item