Pengaruh Pemberian Eksperimen Awal dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMAN 1 Sungguminasa. (dibimbing oleh Eko Hadi Sujiono dan Nurhayati

Eva, Mariani Musnur (2014) Pengaruh Pemberian Eksperimen Awal dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMAN 1 Sungguminasa. (dibimbing oleh Eko Hadi Sujiono dan Nurhayati. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Eva Mariani Musnur. 2014.docx

Download (13kB)

ABSTRAK Eva Mariani Musnur. 2014. Pengaruh Pemberian Eksperimen Awal dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMAN 1 Sungguminasa. (dibimbing oleh Eko Hadi Sujiono dan Nurhayati) Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil belajar fisika peserta didik yang diajar melalui pemberian eksperimen awal dalam pembelajaran berbasis masalah di tinjau dari aspek kognitif dan psikomotorik, (2) Mengetahui hasil peserta didik yang diajar melalui pembelajaran berbasis masalah tanpa eksperimen awal di tinjau dari aspek kognitif dan psikomotorik, (3) Mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan pemberian eksperimen awal dan yang diajar tanpa eksperimen awal dalam pembelajaran berbasis masalah baik dari aspek kognitif maupun aspek psikomotorik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya dengan desain Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajar dengan pemberian eksperimen awal dalam pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah tanpa eksperimen awal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Sungguminasa tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari sepuluh kelas dengan jumlah populasi 465 orang, sedangkan sampel diambil dengan teknik pengacakan kelas sehingga terpilih Kelas XI IPA 10 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI IPA 7 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel masing-masing 45 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar fisika aspek kognitif peserta didik yang diajar dengan pemberian eksperimen awal berada pada rentang skor 20 sampai 21 sedangkan pada aspek psikomotorik berada pada rentang 14 sampai 15, (2) Hasil belajar fisika aspek kognitif peserta didik yang diajar tanpa eksperimen awal dalam pembelajaran berbasis masalah berada pada rentang skor 18 sampai 19 sedangkan pada aspek psikomotorik berada pada rentang 13 sampai 14, (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika peserta didik yag diajar melalui pemberian eksperimen awal dan yang diajar tanpa pemberian eksperimen awal dalam pembelajaran berbasis masalah baik dari aspek kognitif maupun psikomotorik. Kata Kunci: Eksperimen awal, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, dan Hasil Belajar Fisika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > FISIKA - (S1)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 03:34
Last Modified: 30 Nov 2016 11:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/505

Actions (login required)

View Item View Item