Komparasi Keefektifan Strategi Konflik Kognitif dan Strategi Peta Konsep dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualisazion) ditinjau dari Pemahaman Konsep, Penalaran Komunikasi dan Pemecahan Masalah Geometri Dimensi Tiga Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 16 Makassar .

Fahrul, Basir (2014) Komparasi Keefektifan Strategi Konflik Kognitif dan Strategi Peta Konsep dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualisazion) ditinjau dari Pemahaman Konsep, Penalaran Komunikasi dan Pemecahan Masalah Geometri Dimensi Tiga Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 16 Makassar . S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

ABSTRAK FAHRUL BASIR. 2014. Komparasi Keefektifan Strategi Konflik Kognitif dan Strategi Peta Konsep dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualisazion) ditinjau dari Pemahaman Konsep, Penalaran Komunikasi dan Pemecahan Masalah Geometri Dimensi Tiga Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 16 Makassar . (Dibimbing oleh Promotor H. Nurdin Arsyad dan Asdar).Penelitian ini adalah penelitian eksperiman semu yang bertujuan adalah untuk mengetahui komparasi keefektifan penerapan strategi konflik kognititf dan strategi peta konsep dalam pembelajaran kooperatif tipe TAI berdasarkan aspek (1) pemahaman konsep, (2) penalaran komunikasi dan (3) pemecahan masalah siswa, (4) aktivitas siswa, dan (5) respons siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari sembilan kelas dan sampel dipilih dua kelas eksperimen yakni kelas eksperimen I yang diajar dengan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran kooperatif tipe TAI dan Eksperimen II untuk siswa diajar dengan strategi peta konsep dalam pembelajaran kooperatif tipe TAI yang dipilih dengan teknik Cluster random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri atas data pemahaman konsep, penalaran komunikasi dan pemecahan masalah siswa, data aktivitas siswa dan respon siswa terhadap perangkat pembelajaran. Data aktivitas siswa dan respon siswa dianalisis menggunakan persentase sedangkan data pemahaman konsep, penalaran komunikasi dan pemecahan masalah siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan rata-rata pemahaman konsep siswa 86,46, penalaran komunikasi siswa 79,91, pemecahan masalah siswa 83,21. Serta terjadi peningkatan pemahaman konsep siswa 0,84, penalaran komunikasi siswa 0,78 dan pemecahan masalah siswa 0,81. Aktivitas siswa dalam pembelajaran minimal berada pada kategori sangat baik serta respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran termasuk dalam kategori positif. Penerapan strategi peta konsep dalam pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan rata-rata pemahaman konsep siswa 80,21, penalaran komunikasi siswa 78,27, pemecahan masalah siswa 77,99. Serta terjadi peningkatan pemahaman konsep siswa 0,77, penalaran komunikasi siswa 0,76 dan pemecahan masalah siswa 0,75. Aktivitas siswa dalam pembelajaran minimal berada pada kategori sangat baik serta respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran termasuk dalam kategori positif.Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan α=0,05 dengan uji-t menunjukan bahwa terdapat perbedaan penerapan strategi konflik kognititf dan peta konsep dalam pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan materi pokok dimensi tiga di kelas X SMA Negeri 16 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:51
Last Modified: 27 Apr 2016 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/476

Actions (login required)

View Item View Item