DESKRIPSI KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS VII2 SMP NEGERI 1 BULUKUMBA

NANNA, A WILDA INDRA (2014) DESKRIPSI KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS VII2 SMP NEGERI 1 BULUKUMBA. Masters thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel A. Wilda Indra Nanna(12B07133).docx

Download (53kB)

Abstract

ARTIKEL A. WILDA INDRA NANNA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 2014 DESKRIPSI KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS VII2 SMP NEGERI 1 BULUKUMBA A. WILDA INDRA NANNA H.MUH. ARIF TIRO ABDUL RAHMAN Abstrak Penalaran dan komunikasi merupakan dua jenis kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran matematika. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran dan komunikasi siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tes kemampuan penalaran dan komunikasi, (2) pedoman wawancara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada kelas VII2 SMP Negeri 1 Bulukumba. Subjek penelitian dibedakan berdasarkan kemampuan matematika yang dipilih berdasarkan nilai akhir matematika semester sebelumnya dan informasi dari guru bidang studi matematika yang terdiri dari 2 orang siswa berkemampuan tinggi, 2 orang siswa berkemampuan sedang, dan 2 orang siswa berkemampuan rendah. Berdasarkan hasil pengamatan pada enam subjek yang dipilih, maka diperoleh hasil penelitian (1) untuk siswa berkemampuan matematika tinggi, subjek memiliki kemampuan menyelesaikan masalah dalam bentuk soal cerita yang sama dalam mengerjakan tes penalaran dan komunikasi, keduanya mampu mengerjakan keempat soal yang diberikan dengan benar dan sepenuhnya mengikuti langkah-langkah penyelesaian soal cerita, kemudian setelah dikonfirmasi melalui wawancara kedua siswa ini mampu menjawab dan menjelaskan penyelesaian soal tersebut dengan benar berdasarkan langkah-langkah penyelesaian soal cerita baik secara lisan maupun tulisan. (2) untuk siswa berkemampuan matematika sedang, subjek memiliki kemampuan menyelesaikan masalah dalam bentuk soal cerita yang sama dalam mengerjakan tes penalaran dan komunikasi, keduanya mampu mengerjakan keempat soal yang diberikan dengan hampir benar meskipun mempersingkat penyelesaian dan belum sepenuhnya mengikuti langkah-langkah penyelesaian soal cerita, kemudian setelah dikonfirmasi melalui wawancara kedua siswa ini mampu menjawab dan menjelaskan penyelesaian soal tersebut sesuai dengan jawaban yang ditulis pada saat tes berdasarkan langkah-langkah penyelesaian soal cerita baik secara lisan maupun tulisan. (3) untuk siswa berkemampuan matematika rendah, subjek juga memiliki kemampuan yang sama dalam mengerjakan keempat soal-soal penalaran dan komunikasi dalam bentuk soal cerita, keduanya tidak mampu mengerjakan keempat soal dengan benar dan tidak sepenuhnya mengikuti langkah-langkah penyelesaian soal cerita, kemudian dikonfirmasi melalui wawancara keduanya tidak mampu menjelaskan sesuatu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Feb 2018 02:34
Last Modified: 12 Feb 2018 02:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4759

Actions (login required)

View Item View Item