PENGARUH PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARETERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA

NURMATARI, NURMATARI (2013) PENGARUH PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARETERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL TESIS.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

(The Influence of Thinking Empowerment through Questioning in Cooperative Learning of Think Pair Share toward Learning Outcomes and Students’ Activity) Nurmatari ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan dalam pembelajaran kooperatif Think Pair Share dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan untuk mengetahui perbedaan aktivitas siswa antara siswa yang diberi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan dalam pembelajaran kooperatif Think Pair Share dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Jenis penelitian ini merupakan jenis quasy eksperimen (eksperimen semu) dengan teknik pengumpulan data pretest-posttest dan lembar observasi untuk memperoleh data aktivitas siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sungguminasa dan sampel penelitian dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan dalam pembelajaran kooperatif Think Pair Share dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif Think Pair Share, hal ini ditunjukkan dari hasil uji t diperoleh sig.(p) 0,024 < α=0,05 dan tidak terdapat perbedaan aktivitas siswa antara siswa yan diberi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan dalam pembelajaran kooperatif Think Pair Share dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif Think Pair Share, hal ini ditunjukkan dari hasil uji t diperoleh sig.(p) 0,992 >α=0,05. Kata kunci: PBMP, TPS, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Feb 2018 00:01
Last Modified: 12 Feb 2018 00:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4742

Actions (login required)

View Item View Item