NURMATARI, NURMATARI (2013) PENGARUH PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARETERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA. S1 thesis, Pascasarjana.
|
Text
ARTIKEL TESIS.pdf Download (105kB) | Preview |
Abstract
(The Influence of Thinking Empowerment through Questioning in Cooperative Learning of Think Pair Share toward Learning Outcomes and Students’ Activity) Nurmatari ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan dalam pembelajaran kooperatif Think Pair Share dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan untuk mengetahui perbedaan aktivitas siswa antara siswa yang diberi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan dalam pembelajaran kooperatif Think Pair Share dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Jenis penelitian ini merupakan jenis quasy eksperimen (eksperimen semu) dengan teknik pengumpulan data pretest-posttest dan lembar observasi untuk memperoleh data aktivitas siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sungguminasa dan sampel penelitian dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan dalam pembelajaran kooperatif Think Pair Share dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif Think Pair Share, hal ini ditunjukkan dari hasil uji t diperoleh sig.(p) 0,024 < α=0,05 dan tidak terdapat perbedaan aktivitas siswa antara siswa yan diberi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan dalam pembelajaran kooperatif Think Pair Share dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif Think Pair Share, hal ini ditunjukkan dari hasil uji t diperoleh sig.(p) 0,992 >α=0,05. Kata kunci: PBMP, TPS, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 12 Feb 2018 00:01 |
Last Modified: | 12 Feb 2018 00:01 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4742 |
Actions (login required)
View Item |