Darmayanti, Darmayanti (2013) Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC ) Dalam Pengajaran Narrative Text Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Pada Siswa Kelas Sebelas MAN 2 Model Makasssar. S1 thesis, Pascasarjana.
|
Text
THE IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE INTEGRATED READIN AND COMPOSITION (CIRC) METHOD IN TEACHING NARRATIVE TEXT TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT THE ELEVENTH GRADE STUDENTS OF MAN 2 MODEL MAKASSAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Darmayanti, 2013. (Di bimbing Oleh H. Muh. Asfah Rahman dan Kisman Salija). Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman membaca pada siswa kelas sebelas MAN 2 Model Makassar dengan menggunakan metode CIRC. Metode CIRC dipilih untuk latihan komunikasi untuk mencapai sasaran bahasa. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1). Apakah dengan menggunakan metode CIRC dapat meningkatkan pemahaman membaca pada siswa kelas sebelas MAN 2 Model Makassar? (2). Apakah siswa tertarik pada pengajaran text naratif melalui metode CIRC pada siswa kelas sebelas MAN 2 Model Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui apakah penggunaan metode CIRC dapat meningkatkan pemahan membaca pada siswa kelas sebelas MAN 2 Model Makassar. (2). Untuk mengetahui ketertarikan siswa terhadap pengajaran text naratif melalui metode CIRC. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas sebelas MAN 2 Model Makassar tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini adalah siswa IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang terdiri atas 33 siswa dan IPA 2 sebagai kelas control yang terdiri atas 37 siswa, dengan total sampel sebanyak 70 siswa. Penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Peneliti memilih dua kelas dari kelas sebelas MAN 2 Model Makassar, sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan metode CIRC sementara kelas control diajar dengan menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes bacaan yaitu Pre test dan Post test. Tes dilakukan dua kali pada kedua kelompok sebelum dan sesudah perlakuan atau treatment. Treatment dilakukan dan dilaksanakan selama delapan kali pertemuan untuk kedua kelompok kelas. Data dikumpulkan melalui tes bacaan yang kemudian dianalisa dan dikalkulasikan dengan menggunakan SPSS versi 20.0. Hasil data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai siswa yang diajar dengan metode CIRC, yang dibuktikan dengan mean score dari kelas eksperimen yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol pada tes post test. Selain itu hasil uji signifikan menunjukkan bahwa penggunaan metode CIRC dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Kemudian Angket dianalisa dengan menggunakan Likert Scale yang menunjukkan bahwa siswa tertarik dalam belajar bahasa inggris melalui metode CIRC. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi dari metode CIRC adalah meningkatnya pemahaman membaca siswa dan ketertarikan siswa terhadap metode tersebut. Itu dinyatakan dan ditampakkan melalui keaktifan partisipasi siswa dalam belajar, percaya diri, dan kemampuan mereka dalam berdiskusi, juga dibuktikan pada prestasi siswa dalam tes kedua yaitu post test dengan nilai mean 72.59 lebih baik dari nilai tes pertama yaitu pre test 52.39. dari Angket juga dibuktikan bahwa siswa tertarik dalam belajar bahasa inggris setelah dilakukan pengajaran melalui metode CIRC yang ditunjukkan dengan meningkatnya keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Dari hasil ini, disarankan kepada guru untuk menggunakan metode CIRC yang bukan hanya sebagai salah satu alternatif pengajaran reading comprehension tapi juga bagi siswa agar termotivasi dalam meningkatkan pemahaman membaca melalui metode
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 09 Feb 2018 08:47 |
Last Modified: | 09 Feb 2018 08:47 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4738 |
Actions (login required)
View Item |