Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika (Studi Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers di Kelas XI Al Farisi SMA Negeri 2 Labakkang Boarding School)

ABDULLAH, IRWAN (2016) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika (Studi Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers di Kelas XI Al Farisi SMA Negeri 2 Labakkang Boarding School). S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK IRWAN ABDULLAH.. (Dibimbing oleh Usman Mulbar dan Muhammad Darwis M). Banyak siswa yang beranggapan bahwa pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sulit untuk dimengerti. Siswa terbiasa menghafal rumus-rumus matematika tanpa mengetahui konsepnya sehingga mengakibatkan siswa hanya mampu menyelesaikan soal yang sama dengan contoh soal yang telah diberikan. Siswa menyelesaikan permasalahan matematika secara individu, interaksi antar siswa, antar siswa dengan guru cenderung tidak dilakukan, sehingga hanya siswa yang tahu saja yang aktif dalam proses pembelajaran, hal ini mengakibatkan rendahnya kualitas belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana proses penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan problem solving dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa? (ii) Apakah melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan problem solving dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kualitas hasil belajar matematika siswa? Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan problem solving dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa; (ii) Untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan problem solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan angket respons siswa kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan problem solving dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran matematika siswa dengan indikator aktivitas siswa berjalan sesuai dengan design yang telah dibuat dan memenuhi kriteria penggunaan waktu ideal. (ii) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan problem solving dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dilihat dari peningkatan tes hasil belajar siswa dari sebelum pelaksanaan tindakan ke setelah pelaksanaan tindakan pada akhir siklus I dan siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Feb 2018 02:44
Last Modified: 09 Feb 2018 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4700

Actions (login required)

View Item View Item