Nurmawati, Nurmawati (2017) Analisis Tentang Startegi Kesopanan Positif Dalam Menciptakan Interaksi Yang Efektif Di Dalam Kelas. PPs UNM. S1 thesis, Pascasarjana.
|
Text
AN ANALYSIS OF POSITIVE POLITENESS SRATEGIES TO PROMOTE EFECTIVE INTERACTION IN THE.pdf Download (680kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK NURMAWATI. 2017. (Pemimbing Haryanto and Sukardi Weda). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan (1) strategi-strategi kesopanan positif yang digunakan oleh guru, (2) strategi-strategi kesopanan positif yang digunakan oleh siswa, dan (3) bagaimana strategi-strategi kesopanan positive menciptakan beberapa perubahan di kelas dalam konteks interaksi yang efektif. Penulis menerapkan metode qualitative deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di kursus bahasa inggris pada kelas pecakapan level pemula. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siwa dalam kelas. Subjek dipilih menggunakan metode purposive sampling. Penelitian melalui observasi dan interview dilakukan dari bulan Januari sampai Februari untuk melihat pemakaian strategi kesopanan positif di dalam kelas. Penulis melakukan observasi menggunakan rekaman suara dan interview. Rekaman suara dilakukan untuk merekam strategi kesopanan positif yang digunakan oleh guru dan siswa dalam berkomunikasi dalam kelas dan untuk memperoleh data tentang perubahan yang terjadi dalam kelas disebabkan oleh penggunaan strategi kesopanan positif. Sedangkan interview dilakukan untuk memperoleh data yang lebih banyak tentang perubahan yang siswa dapatkan dari pemakaian strategi kesopanan positif. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa strategi kesopanan positif digunakan oleh guru dan siswa dalam berkomunikasi dalam kelas dan membuat beberapa perubahan dalam berkomunikasi dalam kelas. Berdasarkam teori kesopanan Brown and Levinson terdapat sebelas strategi kesopaan positif yang digunakan oleh guru, yaitu; strategi 1, strategi 2, strategi 3, strategi 4, strategi 5, strategi 6, strategi 7, strategi 8, strategi 11, strategi 12, dan strategi 15, dan terdapat 6 strategi kesopanan positif yag digunakan oleh siswa, yaitu; strategi 1, strategi 4, strategi 5, strategi 8, strategi 9, and strategi 12, dan terdapat satu strategi kesopanan positif yang baru yang penulis temukan yaitu strategi 16; menceritakan pengalaman pribadi pada pendengar. Selain itu, terdapat 4 perubahan yang terjadi dalam kelas disebabkan oleh penggunaan strategi kesopanan positif, yaitu; membuat siswa lebih percaya diri dalam berbicara tanpa merasa tertekan, membuat siswa merasa nyaman dan tidak canggung dalam berkomunikasi, memotivasi mereka dalam berpartisipasi dalam percakapan, dan memberikan mereka kesempatan yang sama dalam ikut berpartisipasi dalam percakapan. Kata kunci: interaksi efektif, kesopanan, strategi-strategi kesopanan positif
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 07 Feb 2018 07:51 |
Last Modified: | 07 Feb 2018 07:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4655 |
Actions (login required)
View Item |