PENGARUH PEMBELAJARAN KOLABORATIF MURDER DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 7 KOTA MAKASSAR

yus'iran, yus'iran (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN KOLABORATIF MURDER DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 7 KOTA MAKASSAR. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel.doc

Download (167kB)

Yus’iran1), Sidin Ali2), Abdul Samad3) 1)Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Makassar 90222 Hp : 081339564615, Email : yus_bima@yahoo.co.id 2)Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Makassar 3)Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Makassar ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan desain faktorial 2x2 yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang diajar menggunakan pembelajaran kolaboratif MURDER dan pembelajaran konvensional. (2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara pembelajaran kolaboratif MURDER dan pembelajaran konvensioanal pada pada kelompok peserta didik yang memiliki motivasi belajar fisika tinggi. (3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara pembelajaran kolaboratif MURDER dan pembelajaran konvensioanal pada kelompok peserta didik yang memiliki motivasi belajar fisika rendah. (4) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran (kolaboratif MURDER dan konvensional) dan motivasi belajar fisika terhadap hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Makassar yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 199 orang, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA4 dengan jumlah peserta didik untuk masing-masing kelas berjumlah 37 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan nontes. Teknik analisa data menggunakan teknik perhitungan manual dan dilengkapi dengan perhitungan menggunakan program SPSS versi 16. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5 %.Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kolaboratif MURDER dan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensioal, (2) Tidak Terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran kolaboratif MURDER dan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional untuk motivasi belajar tinggi, (3) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran kolaboratif MURDER dan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional untuk motivasi rendah ,dan (4) Tidak terdapat interaksi antara antara motivasi belajar dan pembelajaran terhadap hasil belajar fisika. Kata Kunci: Kolaboratif MURDER, Konvensional, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Feb 2018 05:48
Last Modified: 07 Feb 2018 05:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4645

Actions (login required)

View Item View Item