Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Camtasia untuk Model Pembelajaran Learning Cycle 5E pada Peserta Didik Kelas VIII.7 SMP Negeri 1 Binamu Kabupaten Jeneponto

Sitti, Ramatang (2013) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Camtasia untuk Model Pembelajaran Learning Cycle 5E pada Peserta Didik Kelas VIII.7 SMP Negeri 1 Binamu Kabupaten Jeneponto. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS CAMTASIA UNTUK MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII.7 SMP NEGERI 1 BINAMU KABUPATEN JENEPONTO.pdf

Download (2MB) | Preview

ABSTRAK SITTI RAHMATANG, . (Dibimbing oleh Eko Hadi Sujiono dan Subaer) Telah dilakukan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Camtasia untuk model pembelajaran Learning Cycle 5E pada Peserta didik Kelas VIII.7 SMP Negeri 1 Binamu Kabupaten Jeneponto dengan jumlah 32 orang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah karakteristik media pembelajaran Fisika berbasis Camtasia untuk model pembelajaran Learning Cycle 5E pada peserta didik Kelas VIII.7 SMP Negeri 1 Binamu Kabupaten Jeneponto?, (2) Bagaimanakah karakteristik pembelajaran Fisika berbasis Camtasia untuk model Learning Cycle 5E pada peserta didik kelas VIII.7 SMP Negeri 1 Binamu Kabupaten Jeneponto?, (3) Bagaimanakah aktivitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media berbasis Camtasia untuk model pembelajaran Learning Cycle 5E?, (4) Bagaimanakah efektivitas belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media berbasis Camtasia untuk model pembelajaran Learning Cycle 5E?. Prosedur pengembangan mengikuti model four-D (4-D) yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Tahap pendefinisian mencakup (1) Analisis awal-akhir, (2) Analisis guru (3) Analisis perserta didik, (4) Analisis tugas, (5) Analisis konsep, dan (6) Spesifikasi tujuan pembelajaran. Tahap perancangan mencakup (1) pemilihan media, (2) pemilihan format, dan (3) rancangan awal. Pada tahap pengembangan, dilakukan validasi oleh para ahli dan direvisi sehingga didapatkan hasil yang layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran berbasis Camtasia tutorial bagi peserta didik masing-masing memiliki tampilan media dilengkapi dengan navigasi, petunjuk program, dan beberapa fasilitas lainnya untuk memudahkan pengguna dalam menjalankan program. Penilaian media menunjukkan hasil yang valid dan reliabel pada setiap aspek pernyataan, (2) perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, Modul bagi peserta didik dan guru, dan lembar kerja peserta didik, disajikan dalam bentuk softcopy berupa CD autorun. Selain itu, disajikan dalam bentuk hardcopy yang dapat dipelajari dan diisi oleh peserta didik secara langsung. Penilaian menunjukkan hasil yang valid dan reliabel, (3) Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran berada di atas 80% dari setiap kriteria aktivitas yaitu peserta didik memperhatikan demonstrasi, mencari konsep, melakukan perhitungan, latihan, mengkatagorikan, menjelaskan konsep, mempresentasikan, dan mengkreasikan proses. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang telah dilakukan mampu mengaktifkan peserta didik. Pembelajaran berbasis media Camtasia untuk model pembelajaran Learning Cycle 5E memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bereksplorasi, sehingga dapat dijadikan sebagai media pendukung untuk proses belajar mengajar. Persentase Efektivitas belajar peserta didik pada tiap pertemuan adalah pertemuan pertama 67%, pertemuan kedua 76%, pertemuan ketiga 81%, dan pertemuan keempat 90%. Hasil ini menunjukkan bahwa efektivitas media pembelajaran berbasis Camtasia untuk model pembelajaran Learning Cycle 5E pada peserta didik kelas VIII.7 SMP Negeri 1 Binamu Kabupaten Jeneponto berada dalam kategori yang sangat memadai terhadap efektivitas pembelajaran yang dilakukan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Feb 2018 05:24
Last Modified: 07 Feb 2018 05:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4643

Actions (login required)

View Item View Item