QADRY, IKHBARIATY KAUTSAR (2013) Penerapan Scaffolding yang Berorientasi pada Hierarki Belajar Gagne Setting Pengajaran Langsung dalam Perkuliahan Analisis Real I. S1 thesis, Pascasarjana.
|
Text
IKHBARIATY KAUTSAR QADRY.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Jenis penelitian ini lebih dominan tergolong penelitian deskriptif kualitatif dan eksploratif. Subjek penelitian ini adalah 3 dari 51 mahasiswa Kelas V-C Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Makassar. Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil tes diagnostik berdasarkan mata kuliah Kalkulus I, Aljabar Elementer, dan Logika Matematika. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan respon, aktivitas, hasil belajar, dan pemahaman mahasiswa terhadap materi Analisis Real I dalam perkuliahan yang menerapkan hierarki belajar dan pemberian scaffolding setting pengajaran langsung. Untuk mengungkap tujuan penelitian tersebut, dilakukan wawancara berbasis hasil tes kepada subjek penelitian. Dalam hal ini, pertanyaan wawancara yang diberikan kepada subjek penelitian didasarkan pada hasil tes uraian. Data penelitian divalidasi dengan menggunakan triangulasi metode, yaitu menggunakan lebih dari satu teknik pengumpulan data untuk mendapatkan data yang sama. Dalam hal ini, digunakan tes uraian dan wawancara. Data penelitian dianalisis dengan (a) menelaah data subjek, (b) melakukan reduksi data, (c) mengklasifikasi dan mengidentifikasi data, (d) membandingkan data hasil tes uraian dan data hasil wawancara (triangulasi metode), (e) menafsirkan data, dan (f) menarik simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) sebanyak 45 orang (97.83%) dari 46 mahasiswa memberikan respon positif terhadap penerapan scaffolding yang berorientasi pada hierarki belajar, (2) penerapan scaffolding yang berorientasi pada hierarki belajar efektif terhadap aktivitas mahasiswa, (3) mean sebesar 34,32 dari skor ideal 100 menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa dengan penerapan scaffolding yang berorientasi pada hierarki belajar berada dalam kualifikasi rendah; (4) pemahaman mahasiswa terhadap materi analisis real I menunjukkan bahwa: (1) Subjek S1 menunjukkan bahwa ada 23 dari 26 soal sesuai (konsisten). Mayoritas [12 dari 26] dari jawaban yang sesuai itu berada dalam kategori pemahaman relasional, sehingga pemahaman Subjek S1 adalah pemahaman relasional; (2) Subjek S2 menunjukkan bahwa ada 21 dari 26 soal sesuai (konsisten). Mayoritas (12 dari 26) dari jawaban yang sesuai itu berada dalam kategori tidak memahami soal, sehingga Subjek S2 tidak termasuk ke dalam salah satu dari ketiga kategori pemahaman; (3) Subjek S3 menunjukkan bahwa ada 24 dari 26 soal sesuai (konsisten). Mayoritas (11 dari 26) dari jawaban yang sesuai itu berada dalam kategori pemahaman relasional, sehingga pemahaman Subjek S3 adalah pemahaman relasional.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 03 Jan 2018 02:51 |
Last Modified: | 03 Jan 2018 02:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4444 |
Actions (login required)
View Item |