ILDAYANTI, ILDAYANTI (2017) Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kesadaran Metakognitif dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pinrang. S1 thesis, Pascasarjana.
|
Text
ILDAYANTI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Indikator keberhasilan pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Banyak faktor yang menunjang keberhasilan tersebut salah satunya terkait pembelajaran yang melibatkan kemampuan berpikir kritis dan kesadaran metakognitif dimana ada tiga faktor utama dalam kesadaran metakognitif yaitu menerima, menyimpan dan mengelolah informasi yang diperoleh melalui proses pembelajaran. Konsep pemikiran kritis tentu saja akan berhubungan dengan kesadaran metakognitif siswa. Mengingat bahwa kesadaran metakognitif melibatkan usaha monitoring dan refleksi pada pemikiran seseorang. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA, (ii) bagaimana kesadaran metakognitif siswa kelas XI IPA SMA, (iii) bagaimana hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMA, (iv) bagaimana hubungan kemampuan berpikir kritis dan kesadaran metakognitif dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pinrang (v) bagaimana hubungan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pinrang, dan (vi) bagaimana mengetahui hubungan kesadaran metakognitif dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pinrang. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bersifat korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Pinrang tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah sampel 283 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Cluster Proportion Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) instrumen tes kemampuan berpikir kritis berupa soal Essay sebanyak 3 nomor, (2) inventori kesadaran metakognitif dan (3) hasil belajar Biologi diperoleh dari dokumentasi nilai hasil ulangan harian materi sistem pencernaan tahun pelajaran 2016/2017. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar biologi siswa di kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Pinrang dengan nilai Fhitung 808,942 nilai Ftabel 4,71 yang kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar berada pada kategori tinggi dan kesadaran metakognitif pada kategori mulai berkembang. Sehingga dapat disimpulkan ada hubungan yang positif kemampuan berpikir kritis dan kesadaran metakognitif dengan hasil belajar. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Kesadaran Metakognitif, Hasil Belajar Biologi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > Biologi |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 27 Dec 2017 06:47 |
Last Modified: | 27 Dec 2017 06:47 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4410 |
Actions (login required)
View Item |