Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Tarhadap Hasil Belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sinjai Selatan

Arfah, Arfah (2014) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Tarhadap Hasil Belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sinjai Selatan. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Arfah. 2014..docx

Download (16kB)

ABSTRAK Arfah. 2014. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Tarhadap Hasil Belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sinjai Selatan. Skripsi Dibimbing oleh Hj. Chamsiah Ishak dan Hj. Musdaliah Mustadjar. Program Studi Pendidikan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat perhatian orang tua terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Sinjai Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS dengan jumlah 113 siswa. Mengingat jumlah populasi relatif besar dan tidak dapat diteliti semua sehingga perlu untuk menentukan sampel dari pepulasi tersebut. Oleh karena populasi terbagi atas tingkatan-tingkatan atau strata, maka teknik penarikan sampel yang digunakan adalah random sampling sebanyak 30% atau 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 3 Sinjai Selatan dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,321 yang berada pada kategori rendah. Untuk uji normalitas data, diperoleh data untuk perhatian orang tua sebesar 0,519 dan hasil belajar sebesar 0,75 dilihat dari shapiri-wilk, karena kedua variabel tersebut lebih besar dari 0,05 maka dapat dinyatakan data tersebut normal. Untuk uji linieritas perhatian orang tua dan hasil belajar diperoleh data sig sebesar 0,305 karena hasil yang diperoleh lebih besar dari 0,05 maka dinyatakan linier. Untuk pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat perhatian orang terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 3 Sinjai Selatan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:48
Last Modified: 27 Apr 2016 05:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item View Item