Pengaruh Motivasi Belajar dan Kecemasan Matematika terhadap Kesadaran Metakognisi dan Kaitannya dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa.

NURANI, MAWAR (2017) Pengaruh Motivasi Belajar dan Kecemasan Matematika terhadap Kesadaran Metakognisi dan Kaitannya dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa. Diploma thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
mawar nurani.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, kecemasan matematika terhadap kesadaran metakognisi dan kaitannya dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas dengan sampel penelitian sebanyak 77 siswa dari kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa tahun ajaran 2016/2017 yang dipilih dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) angket motivasi belajar, (2) angket kecemasan matematika, (3) angket kesadaran metakognisi, dan (4) tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis jalur model trimming. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi, (2)kecemasan matematika siswa berada pada kategori sedang, (3) kesadaran metakognisi siswa berada pada kategori tinggi, (4) hasil belajar matematika siswa berada pada kategori rendah, (5)motivasi belajar siswa berpengaruh langsung secara signifikan terhadap keadaran metakognisi siswa, (6) kecemasan matematika siswa tidak berpengaruh langsung terhadap kesadaran metakognisi siswa, (7) motivasi belajar siswa tidak berpengaruh langsung terhadap hasil belajar matematika siswa, (8) kecemasan matematika siswa tidak berpengaruh langsung terhadap hasil belajar matematika siswa, (9)kesadaran metakognisi siswa tidak berpengaruh langsung terhadap hasil belajar matematika siswa, (10)tidak terdapat pengaruh tidak langsung motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa melalui kesadaran metakognisi siswa, (11) tidak terdapat pengaruh tidak langsung kecemasan matematika siswa terhadap hasil belajar matematika siswa melalui kesadaran metakognisi siswa. Kata Kunci : Motivasi belajar, Kecemasan Matematika, Kesadara Metakognisi, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Dec 2017 08:10
Last Modified: 19 Dec 2017 08:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4362

Actions (login required)

View Item View Item