Profil Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Bilangan Real Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas X Sma Al Bayan Makassar

Ariansyah, Ariansyah (2017) Profil Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Bilangan Real Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas X Sma Al Bayan Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis.pdf

Download (2MB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan profil pemahaman konsep bilangan real ditinjau dari gaya belajar siswa kelas X SMA Al Bayan Makassar, 2) Mendeskripsikan profil kemampuan pemecahan masalah bilangan real ditinjau dari gaya belajar siswa kelas X SMA Al Bayan, dan 3) Mendeskripsikan keterkaitan antara pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah bilangan real ditinjau dari gaya belajar siswa kelas X SMA Al Bayan Makassar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Al Bayan Makassar dengan 6 orang subjek yakni 2 orang bergaya belajar visual, 2 orang bergaya belajar audiorial, dan 2 orang bergaya belajar kinestetik. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dibantu dengan tes pemahaman konsep dan tes pemecahan masalah matematika dan wawancara yang didesain agar sesuai dengan indikator pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Profil pemahaman konsep siswa yang bergaya belajar auditorial adalah kemampuan dalam mengelompokan dan membatasi bilangan yang memenuhi syarat bilangan real, menyampaikan argumentasi verbal, memunculkan model konseptual berupa gambar bagan bilangan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu dan menjalankan penyelesaian sesuai dengan prosedur, 2) Profil pemahaman konsep siswa yang bergaya belajar kinestetik adalah memiliki kemampuan dalam mengelompokan dan membatasi bilangan yang memenuhi syarat bilangan real, tidak mampu menyampaikan argumentasi verbal, tidak mampu membuat dan menjelaskan model konseptual, dan memilih prosedur atau operasi tertentu dan menjalankan penyelesaian sesuai dengan prosedur, 3) Profil pemahaman konsep siswa yang bergaya belajar visual adalah memiliki kemampuan dalam mengelompokan dan membatasi bilangan yang memenuhi syarat bilangan real, dapat menyampaikan argumentasi verbal, dapat membuat dan menjelaskan model konseptual dalam bentuk gambar bagan bilangan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu dan menjalankan penyelesaian sesuai dengan prosedur, 4) Profil kemampuan pemecahan masalah bilangan real siswa yang bergaya belajar auditorial adalah memiliki kemampuan menyampaikan argumentasi verbal, mengidentifikasi fakta, memilih strategi yang tepat setelah melakukan percobaan strategi yang lain, melakukan perhitungan dan operasi aljabar dalam menyelesaikan masalah, dan membandingkan jawaban yang didapat dengan perhitungan yang lain, 5) Profil kemampuan pemecahan masalah bilangan real siswa yang bergaya belajar kinestetik adalah memiliki kemampuan menyampaikan argumentasi verbal, mengidentifikasi fakta, memilih strategi yang tepat setelah melakukan percobaan strategi yang lain, memprediksi dalam menyelesaikan masalah, dan membandingkan jawaban yang didapat dengan perhitungan yang lain, 6) Profil kemampuan pemecahan masalah bilangan real siswa yang bergaya belajar visual adalah memiliki kemampuan menyampaikan argumentasi verbal, mengidentifikasi fakta, memilih strategi yang tepat setelah melakukan percobaan strategi yang lain, membuat model matematis berupa gambar dalam membantu menyelesaikan masalah, menggunakan operasi aljabar dalam menyelesaikan masalah, dan membandingkan jawaban yang didapat dengan perhitungan yang lain, dan 7) Pemahaman konsep bilangan real berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah bilangan real.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Dec 2017 06:53
Last Modified: 19 Dec 2017 06:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4348

Actions (login required)

View Item View Item