Deskripsi Kualitas Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Domisili dan Perbedaan Gender pada MTs Muhammadiyah Punnia Pinrang.

ZULKARNAIN, ZULKARNAIN (2017) Deskripsi Kualitas Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Domisili dan Perbedaan Gender pada MTs Muhammadiyah Punnia Pinrang. S1 thesis, PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
Untitled.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pencapaian hasil belajar dan aktivitas siswa dalam belajar merupakan salah satu hal yang dapat menggambarkan atau merupakan salah satu tolak ukur penentuan kualitas belajar siswa. Faktor domisili dan faktor perbedaan gender dapat mempengaruhi kualitas belajar. Jadi yang harus dilakukan adalah mendesain pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas belajar siswa. Sebagai langkah awal, harus mengetahui secara mendalam bagaimana sesungguhnya deskripsi kualitas belajar siswa jika ditinjau dari domisili dan perbedaan gender. Deskripsi inilah yang akan menjadi modal dasar dalam mendesain pembelajaran. Faktor domisili dan perbedaan gender setiap siswa menarik perhatian peneliti untuk melihat deskripsi kualitas belajarnya. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana deskripsi kualitas belajar matematika siswa ditinjau dari domisili dan perbedaan gender pada MTs Muhammadiyah Punnia Pinrang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi kualitas belajar matematika siswa ditinjau dari domisili dan perbedaan gender pada MTs Muhammadiyah Punnia Pinrang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Domisili dalam penelitian ini terbagi dua yaitu siswa boarding (tinggal di asrama)dan siswa non boarding (tinggal di rumah masing-masing) sedangkan perbedaan gender adalah perbedaan yang didasarkan atas jenis kelamin laki-laki dan jenis kelamin perempuan. Cara memilih subjek penelitian yaitu dengan melakukan tes, kemudian memilih siswa yang hasil tesnya tertinggi. Metode pengumpulan data menggunakan kombinasi metode tes, angket dan wawancara. Data hasil belajar diperoleh dari tes, data aktivitas belajar matematika siswa di dalam kelas diperoleh dari angket dan wawancara dan data aktivitas belajar matematika siswa di luar kelas diperoleh dari wawancara. Data yang diperoleh melalui hasil tes, angket dan wawancara dianalisis dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Penentuan kredibilitas data menggunakan triangulasi waktu, ketekunan pengamatan, pengecekan anggota dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) untuk siswa laki-laki, (a) siswa boarding lebih baik hasil belajarnya daripada siswa non boarding, (b) siswa boarding lebih aktif aktivitas belajarnya di dalam dan di luar kelas daripada siswa non boarding. (2) untuk siswa perempuan (a) siswa non boarding lebih baik hasil belajarnya daripada siswa boarding, (b)siswa non boarding lebih aktif aktivitas belajarnya di dalam kelas daripada siswa perempuan tapi aktivitas belajar diluar kelas siswa boarding lebih aktif daripada siswa non boarding.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Dec 2017 06:24
Last Modified: 19 Dec 2017 06:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4344

Actions (login required)

View Item View Item