Hubungan Pendekatan Saintifik dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri di Kabupaten Maros.

NURBAYA, NURBAYA (2017) Hubungan Pendekatan Saintifik dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri di Kabupaten Maros. S2 thesis, PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
Untitled.pdf

Download (3MB) | Preview

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui hubungan antara pendekatan saintifik dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa SMP Negeri di Kabupaten Maros; (ii) untuk mengetahui hubungan antara pendekatan saintifik dengan hasil belajar siswa SMP Negeri di Kabupaten Maros; (iii) untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SMP Negeri di Kabupaten Maros. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang berupa regresi ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN di Kabupaten Maros tahun pelajaran 2016/2017 dengan sampel penelitian yang terdiri dari 4 sekolah, dimana jumlah keseluruhan siswa kelas VIII tersebut adalah sebanyak 388 orang kemudian dilakukan pengambilan sampel secara Purposif Random Sampling dan terpilih sampel sebanyak 138 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik regresi ganda dengan bantuan program SPSS versi 20.0 for windows, namun sebelum dilakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas, linearitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i)ada hubungan yang positif dan signifikan pendekatan saintifik dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa; (ii)ada hubungan yang positif dan signifikan pendekatan saintifik dengan hasil belajar siswa; (iii)ada hubungan yang positif dan signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Motivasi Belajar, dan Hasil BelajarABSTRAK NURBAYA. 2017. Hubungan Pendekatan Saintifik dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri di Kabupaten Maros. (Dibimbing oleh Firdaus Daud dan Muhammad Wiharto). Tujuan dari penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui hubungan antara pendekatan saintifik dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa SMP Negeri di Kabupaten Maros; (ii) untuk mengetahui hubungan antara pendekatan saintifik dengan hasil belajar siswa SMP Negeri di Kabupaten Maros; (iii) untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SMP Negeri di Kabupaten Maros. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang berupa regresi ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN di Kabupaten Maros tahun pelajaran 2016/2017 dengan sampel penelitian yang terdiri dari 4 sekolah, dimana jumlah keseluruhan siswa kelas VIII tersebut adalah sebanyak 388 orang kemudian dilakukan pengambilan sampel secara Purposif Random Sampling dan terpilih sampel sebanyak 138 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik regresi ganda dengan bantuan program SPSS versi 20.0 for windows, namun sebelum dilakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas, linearitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i)ada hubungan yang positif dan signifikan pendekatan saintifik dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa; (ii)ada hubungan yang positif dan signifikan pendekatan saintifik dengan hasil belajar siswa; (iii)ada hubungan yang positif dan signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Dec 2017 03:57
Last Modified: 19 Dec 2017 03:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4332

Actions (login required)

View Item View Item