Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran dan Pemberian Scaffolding terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mangkutana

Susilowati, Inggit (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran dan Pemberian Scaffolding terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mangkutana. Diploma thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_INDONESIA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran dan pemberian scaffolding terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Mangkutana Kabupaten Luwu Timur dan merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Mangkutana Kabupaten Luwu Timur Tahun ajaran 2015/2016 yang terdistribusi pada sepuluh kelas dan sampel sebanyak seratus dua puluh siswa yang terdistribusi pada empat kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan Anava dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar matematika siswa antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran PaP dan TSTS. Secara deskriptif, hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran PaP lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran TSTS baik bagi kelompok siswa dengan pemberian scaffolding dan tanpa pemberian scaffolding. Bagi kelompok siswa pembelajaran PaP, hasil belajar matematika siswa yang diberikan scaffolding lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang tidak diberikan scaffolding. Ada interaksi antara penerapan model pembelajaran dan pemberian scaffolding terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture (PaP), Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stray Two Stay (TSTS), Umpan Balik Hasil Tes Formatif, Scaffolding, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Dec 2017 06:08
Last Modified: 18 Dec 2017 06:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4269

Actions (login required)

View Item View Item