Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dengan Memperhatikan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Palopo.

Sambo, Erick Manase (2016) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dengan Memperhatikan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Palopo. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
eric manafe.doc

Download (66kB)

Abstract

ABSTRAK Prestasi dalam pembelajaran matematika di sekolah dapat dipengaruhi dari faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor dalam penelitian ini adalah kemampuan awal, hasil belajar, dan pendekatan pembelajaran. Melalui observasi, SMA Negeri 1 Palopo yang merupakan populasi penelitian ini memiliki hasil dan prestasi belajar yang berada pada kategori sedang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelas perlakuan yang akan dibandingkan yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan realistic mathematics education dan pendekatan scientific, dengan memperhatikan kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri Palopo. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan 5 instrumen, yaitu (1) tes kemampuan awal: (2) pretes: (3) postes hasil belajar siswa; (4) angket respon siswa; (5) lembar observasi keterlaksanaan pendekatan pembelajaran. Data yang diperoleh di analisis menggunakan statistika deskripsi dan inferensial, yaitu untuk melihat pengaruh variabel bebas dan variabel kontrol terhadap variabel terikat. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pendekatan pembelajaran dengan mengontrol kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Palopo. Tetapi melalui data gain ternormalisasi diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pendekatan scientific lebih baik jika dibandingkan yang menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education. Kata Kunci: hasil belajar, kemampuan awal, pendekatan Realistic Mathematics Education, pendekatan scientific

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Dec 2017 06:56
Last Modified: 11 Dec 2017 06:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4210

Actions (login required)

View Item View Item