Komparasi Hasil Belajar Matematika Siswa Antara yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Pada Kelas VIII SMP Negeri 7 Makassar

A.Mutmainna, A.Mutmainna (2016) Komparasi Hasil Belajar Matematika Siswa Antara yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Pada Kelas VIII SMP Negeri 7 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
2.Skripsi.doc

Download (18MB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara yang mengikuti pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran Creative Problem Solvingpada kelas VIII SMP Negeri 7 Makassar. Metode penelitian ini merupakan quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Makassar . Pengambilan kleas dilakukan menggunakan cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas VIII B-3 yang diterapkan model kooperatif tipe STAD dan VIII B-4 yang diterapkan model Creative Problem Solving. Adapun model desain yang digunakan yaitu matching pretest posttest comparison group, instrumen penelitian berupa lembar tes hasil belajar. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Uji-t kepada kedua kelas, hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut: Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan independents sample t-test dengan membandingkan nilai gain ternormalisasi dari kedua kelas eksperimen. Hasil pengujian hipotesis terhadap kedua kelas menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan antara yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran Creative Problem Solving. Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, model pembelajaran Creative Problem Solving

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Nov 2017 03:29
Last Modified: 23 Nov 2017 03:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4092

Actions (login required)

View Item View Item