Masalah dan Strategi Coping Istri pada Pasangan yang Tidak Memiliki Anak. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar.

Apriani, Samuel (2011) Masalah dan Strategi Coping Istri pada Pasangan yang Tidak Memiliki Anak. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Mkassar.

[img] Text
Apriani Samuel.docx

Download (13kB)

ABSTRAK Apriani Samuel. 2011. Masalah dan Strategi Coping Istri pada Pasangan yang Tidak Memiliki Anak. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar.Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara mendalam mengenai masalah dan strategi coping istri pada pasangan yang tidak memiliki anak.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini melibatkan empat orang subjek dengan menerapkan teknik pemilihan subjek berupa Criterium respondent, sehingga responden dalam penelitian ini adalah empat orang perempuan yang memiliki pengalaman yang sama, yaitu telah menikah selama minimal tiga tahun namun tidak memiliki anak. Teknik pengumpilan data dalam penelitian ini berupa wawancara secara mendalam (in-depth interview) dengan jenis open questions menggunakan panduan pertanyaan wawancara (guide interview). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa masalah yang dialami oleh istri pada pasangan yang tidak memiliki anak yaitu masalah yang berasal dari dalam diri dan lingkungan. Masalah yang berasal dari dalam diri adalah perasaan tidak lengkap, kesedihan melihat orang lain yang memiliki anak, kecemasan menjelang menstruasi, dan kecemasan selama menantikan hasil pengobatan. Masalah yang berasal dari lingkungan adalah pertanyaan dan desakan dari orang lain, pasangan yang susah diajak berkonsultasi, dan keinginan mengangkat anak yang tidak dapat dilaksanakan. Strategi coping yang digunakan untuk mengatasi masalah yaitu problem focused coping dan emotion focused coping. Problem focused coping meliputi pengobatan secara medis dan non medis, mengajak suami berobat bersama, memberi pengertian pada mertua, dan memasrahkan diri pada Tuhan. Emotion focused coping meliputi humor, berdoa, mencari dukungan sosial, dan menghindar. Dari hasil penelitian juga dapat disimpulkan bahwa kepasrahan individu kepada Tuhan menjadi coping yang akhirnya membuat individu menerima kondisinya yang tidak memiliki anak. Kata Kunci: Masalah, Strategi coping, Istri, Pasangan yang tidak memiliki anak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI > BF Psychology
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:20
Last Modified: 26 Apr 2016 07:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/392

Actions (login required)

View Item View Item