Perbedaan tingkat stres menghadapi ujian akhir semester antara siswa sekolah menengah atas dengan pesantren ditinjau dari pelaksanaan shalat tahajjud.

Anita Dwi, Purnamasari (2014) Perbedaan tingkat stres menghadapi ujian akhir semester antara siswa sekolah menengah atas dengan pesantren ditinjau dari pelaksanaan shalat tahajjud. S1 thesis, Universitas Negeri Mkassar.

[img] Text
Anita Dwi Purnamasari..docx

Download (13kB)

ABSTRAK Anita Dwi Purnamasari. (2014). Perbedaan tingkat stres menghadapi ujian akhir semester antara siswa sekolah menengah atas dengan pesantren ditinjau dari pelaksanaan shalat tahajjud. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat stres dalam menghadapi ujian akhir semester antara siswa Sekolah Menengah Atas dengan Pesantren ditinjau dari pelaksanaan shalat tahajjud. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala stres menghadapi ujian yang disusun berdasarkan aspek-aspek stres yang dikemukakan oleh Sarafino. Subjek penelitian berjumlah 94 orang siswa, yaitu 47 orang siswa pesantren dan 47 orang siswa SMA. Pengambilan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisa data yang telah dilakukan diperoleh hasil uji hipotesis dengan nilai p = 0,00 < 0,05. Hasil uji hipotesis tersebut menunjukkan terdapat perbedaan tingkat stres menghadapi ujian antara siswa Sekolah Menengah Atas dengan Pesantren ditinjau dari intensitas pelaksanaan shalat tahajjud. Kata Kunci: Stres menghadapi ujian, Shalat tahajjud.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI > BF Psychology
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:19
Last Modified: 26 Apr 2016 07:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/388

Actions (login required)

View Item View Item