Deskripsi Pemahaman Konsep Fungsi Siswa Kelas XI SMAN 3 Pangkajene.

BASRI, MUHAMMAD YUSRAN (2016) Deskripsi Pemahaman Konsep Fungsi Siswa Kelas XI SMAN 3 Pangkajene. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I1.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB V2.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konsep fungsi siswa. Instrumen yang digunakan penelitian ini adalah tes kemampuan matematika untuk menentukan subjek penelitian serta melakukan wawancara berdasarkan instrumen pedoman wawancara. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman siswa terkait konsep fungsi. Subjek penelitian adalah tiga orang siswa kelas XI SMAN 3 Pangkajene yang dikelompokkan berdasarkan kemampuannya yakni tinggi, sedang dan rendah. Berdasar pada indikator pemahaman konsep fungsi, hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terkait pemahaman defenisi fungsi, siswa belum mampu menyatakan ulang konsep yang dipahaminya. siswa mampu dapat dengan menyatakan contoh fungsi dan bukan fungsi untuk bentuk soal tertentu yang umum dijumpainya, namun masih terdapat beberapa kekeliruan seperti tidak mengetahui terkait fungsi konstan. Pengembangan syarat juga sudah dapat ditunjukkan dengan baik oleh siswa. (2) Pemahaman fungsi tekait menentukan nilai fungsi, domain, kodomain, dan range suatu fungsi, siswa dapat menyebutkan domain, kodomain dan range untuk fungsi yang disajikan dalam bentuk diagram panah tetapi sangat keliru jika disajikan dalam bentuk yang lain, bahkan symbol pemetaan yang menyatakan dan kodomain suatu fungsi tidak di pahaminya meskipun beberapa soal dijawab dengan benar. (3) Pemahaman siswa terkait konsep komposisi fungsi, dua dari tiga subjek keliru dalam menahami konsep komposisi fungsi, siswa menganggap komposisi fungsi sama dengan subtitusi sedangkan siswa yang lain menyatakan komposisi sama dengan perkalian fungsi. Siswa juga menganggap bahwa semua fungsi dapat dikomposisikan tanpa memandang domain fungsi tersebut. (4) pemahaman konsep fungsi invers ditinjau dari indikator pemahaman siswa, menunjukkan siswa tidak dapat mengaitkan konsep yang dipahami satu sama lain, bahkan ditemukan bahwa siswa menganggap turunan fungsi sama dengan invers fungsi tersebut. Dalam penjababarannya pun masih ditemui kekeliruan dalam langkah penyelesaiannya. Kata Kunci: Deskripsi Pemahaman, Konsep Fungsi, fungsi komposisi invers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Nov 2017 06:30
Last Modified: 06 Nov 2017 06:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3818

Actions (login required)

View Item View Item