Putra, Wismoyo Manggala (2016) Komparasi Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Audio Visual atau Buku Teks Pelajaran Sebagai Sumber Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
BAB I1.docx Download (19kB) |
|
Text
BAB V2.docx Download (18kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar antara penggunaan media pembelajaran audio visual dan buku teks pelajaran sebagai sumber belajar yang ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Pretest Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan bertempat di SMA Negeri 1 Bajeng, adapun kelas yang dijadikan sampel adalah kelas X.2 yang berjumlah 34 orang dan kelas X.9 yang berjumlah 32orang. Data penelitian diperoleh melalui instrumen berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran, angket motivasi siswa, angket gaya belajar, tes hasil belajar, media audiovisual dan buku teks pelajaran. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analsis menunjukkan bahwa : (1) Tidak terdapat perbedaan antara rata-rata hasil belajar siswa auditorial setelah menggunakan media audiovisual dan buku teks pelajaran. (2) Tidak terdapat perbedaan antara rata-rata hasil belajar siswa visual setelah menggunakan media audiovisual dan buku teks pelajaran. (3) Tidak terdapat perbedaan antara motivasi belajar siswa auditorial setelah menggunakan media audiovisual dan buku teks pelajaran. (4) Terdapat perbedaan antara motivasi belajar siswa visual setelah menggunakan media audiovisual dan buku teks pelajaran Kata Kunci : Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran, Media Audio Visual, Buku Teks Pelajaran. ABSTRACT WismoyoManggala Putra, 2016, Comparison of Learning Outcomes and Student Motivation Using Media Audio Visual or Textbooks As Seen From the Learning Resources Student Learning Styles. Essay. Faculty of Mathematics and Natural Sciences. Universitas Negeri Makassar. This study aimed to compare learning outcomes between the use of audio-visual learning media and textbooks as a source of learning in terms of students' learning styles. This study was an experimental study using a design pretest posttest control group design. This research was conducted housed in SMA Negeri 1 Bajeng, while the class is sampled X.2 class numbering 34 people and X.9 classes totaling 32 people. The research data obtained through the instruments in the form of lesson plan, keterlaksanaan learning, student motivation questionnaire, questionnaire learning styles, achievement test, audiovisual media and textbooks. Data were analyzed with descriptive statistics and inferential statistics. The results of the analysis show that: (1) There is no difference between the average student learning outcomes auditory after using audiovisual media and textbooks. (2) There is no difference between the average student learning outcomes visual after using audiovisual media and textbooks. (3) There is no difference between the students' motivation auditory after using audiovisual media and textbooks. (4) There is a difference between students' motivation visual after using audiovisual media and textbooks Keywords: Results Learning, Learning Motivation, Learning Styles, Use of Learning Media, Audio Visual Media, Textbooks.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 06 Nov 2017 03:22 |
Last Modified: | 06 Nov 2017 03:22 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3794 |
Actions (login required)
View Item |