Nurhayati, Nurhayati and Lodang, Hamka and Saenab, Sitti (2016) Pendukung Utama dalam Pembelajaran Biologi Berbasis Humor. In: Seminar Nasional – Mega Trend Inovasi dan kreasi Hasil Penelitian dalam Menunjang Pembangunan Berkelanjutan.
Text
7. Proceeding - Seminar Nasional Pembangunan Berlekanjutan.docx Download (15kB) |
Abstract
: Kajian makalah ini bertujuan untuk mengetahui pendukung utama dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis humor di Sekolah Menengah Atas (SMA) pad amata pelajaran biologi. Makalah ini mengungkap hasil penelitian yang berjudul “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Humor Pada SMA Kelas XII.” Dalam penelitian ini dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Hasil penelitian ini adalah tersedianya perangkat pembelajaran yang telah divalidasi oleh Ahli Pendidikan Biologi sesuai dengan keahliannya yang meliputi: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dinyatakan valid dengan nilai 4.01, media presentasi powerpoint dinyatakan cukup valid dengan nilai 3.72, dan Lembar Kerja Peserta Didik dinyatakan cukup valid dengan nilai 3.98. Kesimpulan dari kajian ini ialah pendukung utama dalam pembelajaran biologi berbasis humor adalah tersedianya RPP, media pembelajaran, dan Lembar Kerja Peserta Didik yang telah divalidasi dan dinyatakan cukup valid dengan nilai rata-rata 3.90.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | FMIPA > BIOLOGI - (S1) FMIPA |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Prof. Dr Nurhayati Bedduside |
Date Deposited: | 10 Jan 2018 07:40 |
Last Modified: | 10 Jan 2018 07:40 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3792 |
Actions (login required)
View Item |