PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU EMOSI DIGITAL SEBAGAI SARANA INFORMASI MENGELOLA EMOSI MARAH PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 23 MAKASSAR

Delvin Esperansia Andala (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU EMOSI DIGITAL SEBAGAI SARANA INFORMASI MENGELOLA EMOSI MARAH PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 23 MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Delvin Esperansia Andala. 2022. Pengembangan Media Buku Saku Emosi Digital Sebagai Sarana Informasi Mengelola Emosi Marah Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh “Prof. Dr. Farida Aryani, M.Pd. dan Dr. Abdullah Pandang, M.Pd.” : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan pengembangan media buku saku emosi digital sebagai sarana informasi mengelola emosi marah pada siswa kelas VII SMP Negeri 23 Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran kebutuhan terhadap pengembangan Media Buku Saku Emosi Digital pada siswa kelas VII (2) prototype Media Buku Saku Emosi Digital pada Siswa Kelas VII (3) tingkat validitas Media Buku Saku Emosi Digital pada Siswa Kelas VII (4) kepraktisan Media Buku Saku Emosi Digital pada Siswa Kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu : (1) Analysis, analisis masalah dan kebutuhan siswa (pengumpulan informasi) (2) Design, rancangan buku saku (kerangka produk) (3) Development, pembuatan buku saku, validasi kelayakan produk/ uji ahli BK, ahli IT dan guru BK dan revisi I (4) Implementation, uji lapangan (uji coba kelompok kecil sebanyak 10 siswa) (5) Evaluation, revisi II (produk akhir). Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 23 Makassar sebanyak 50 responden dan untuk uji kelompok kecil sebanyak 10 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan skala kecerdasan emosi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan anlisis data kuantitatif (analisis deskriptif kuantitatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku saku emosi digital valid dan praktis digunakan sebagai media sarana informasi mengelola emosi marah pada siswa kelas VII SMP Negeri 23 Makassar. Kata Kunci: Media Informasi, Buku Saku Emosi Digital, Mengelola Emosi Marah.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:20
Last Modified: 11 Nov 2024 02:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36266

Actions (login required)

View Item View Item