PERILAKU VANDALISME DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 5 MAKASSAR)

Nurana (2024) PERILAKU VANDALISME DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 5 MAKASSAR).

[img] Text
Nurana_Artikel_Ilmiah_Skripsi_Bimbingan dan Konseling_1744041037.pdf

Download (364kB)

Abstract

Nurana, 2024. Perilaku vandalisme dan penanganannya (studi kasus di SMP Negeri 5 Makassar). Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. Abdullah Pandang, M.Pd, dan Prof. Dr. Abdul Saman., M.Si., Kons. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini membahas tentang perilaku vandalisme di SMP Negeri 5 Makassar. Kajian utama dari penelitian ini adalah: (1) Gambaran perilaku vandalisme pada siswa berinisial AH dan AM di SMP Negeri 5 Makassar. (2) Faktor penyebab perilaku vandalisme di SMP 5 Makassar. (3) Upaya penanganan perilaku vandalisme pada siswa berinisial AH dan AM di SMP Negeri 5 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus klinis. Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Gambaran perilaku vandalisme siswa berinisial AH seperti, merusak meja kursi, merusak tanaman di sekolah, merusak absen dan sering berkelahi dengan siswa dikelas lain, sedangkan gambaran perilaku vandalisme siswa berinisial AM seperti, mencoret dinding, mencoret meja kursi, mencoret tembok kamar dengan kata-kata kasar dan pernah kedapatan membawa rokok. (2) faktor-faktor yang menyebabkan perilaku vandalisme pada siswa AH di SMP Negeri 5 Makassar meliputi, ketika butuh perhatian, kurang mendapat kasih sayang dari kedua orang tua, dan sering dibandingkan dengan saudaranya, sedangkan pada siswa AM meliputi, ajakan teman sebaya, menyampaikan ekspresinya, dan sering dimarahi oleh Ayahnya. (3) Intervensi yang digunakan untuk mengatasi perilaku vandalisme dengan pemberian konseling Cognitive Behavior Theraphy dengan teknik restrukturisasi kognitif. Setelah pemberian teknik restrukturisasi kognitif pada siswa AH dan AM di SMP 5 Makassar mulai dapat diatasi. Hal ini menunjukkan teknik restrukturisasi kognitif efektif untuk mengatasi perilaku vandalisme. Kata Kunci: perilaku vandalisme, restrukturisasi kognitif

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Nov 2024 01:50
Last Modified: 11 Nov 2024 01:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36264

Actions (login required)

View Item View Item