SKRIPSI MODUL PELATIHAN KETERAMPILAN EMPATI DENGAN TEKNIK “SOSIODRAMA” UNTUK MENCEGAH TERJADINYA BULLYING DI UPT SPF SMP NEGERI 7 MAKASSAR

Muhammad Akbar (2024) SKRIPSI MODUL PELATIHAN KETERAMPILAN EMPATI DENGAN TEKNIK “SOSIODRAMA” UNTUK MENCEGAH TERJADINYA BULLYING DI UPT SPF SMP NEGERI 7 MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal.pdf

Download (302kB)

Abstract

Muhammad Akbar, 2024. Modul Pelatihan Keterampilan Empati Denan Teknik Sosiodrama Untuk Mencegah Terjadinya Bullying UPT SPF SMP 7 Negeri Makassar. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Abdullah Pandang dan Akhmad Harum) Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul layanan dan bimbingan konseling UPT SPF SMP Negeri 7 Makassar dan untuk mengetahui analisis kebutuhan, proportip modul, kevalidan, dan kepraktisan modul layanan bimbingan dan konseling tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan Jenis pendekatan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti dari 10 menjadi 7 tahapan pengembangan, Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul yang meliputi 4 tahap, yaitu kebutuhan modul, proportip modul, kevalidasi modul dan kepraktisan modul. Subjek penelitian ini adalah Guru BK dan peserta didik kelas IX UPT SPF SMP Negeri 7 Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, dan angket. Hasil kebutuhan menunjukkan bahwa tingkat kebutuhan materi dan kebutuhan perangkat modul berada pada kategori sangat tinngi dengan peroleh skor rata-rata adalah 11,96. Hasil validasi menunjukkan bahwa tingkat kevalidan modul berada pada ketegori sangat tinggi dengan perolehan skor rata-rata sebanyak 4,45 sehingga modul yang dikembangkan dapat dinyatakan valid. Hasil uji kepraktisan, yaitu kepraktisan BK 1, BK 2 dan Uji kepraktisan oleh peserta didik menunjukkan bahwa tingkat kepraktisan modul berada pada ketegori sangat tinggi dengan perolehan skor rata-rata sebanyak 4,81 sehingga modul tersebut dapat dinyatakan praktis. Dengan demikian, modul yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses bimbingan dan konseling di UPT SPF SMP Negeri 7 Makassar. Kata kunci : Modul, Keterampilan empati, Teknik Sosiodrama, Bullying

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Oct 2024 01:48
Last Modified: 07 Oct 2024 01:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36182

Actions (login required)

View Item View Item