PENERAPAN TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING DI SMPN 7 ANGGERAJA

Sandra Fatmala Juta (2024) PENERAPAN TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING DI SMPN 7 ANGGERAJA.

[img] Text
ARTIKEL SANDRA.pdf

Download (272kB)

Abstract

Sandra Fatmala Juta, 2024 Penerapan Teknik Self Instruction untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa di SMPN 7 Anggeraja. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Prof. Dr. Farida Aryani,. M.Pd, dan Nur Fadhilah Umar, S.Pd., M.Pd.) Self instruction merupakan metode verbalisasi diri yang bertujuan untuk menggantikan pikiran negatif dengan pikiran positif untuk meningkatkan kontrol diri. Self instruction dapat mengarahkan individu dalam strategi berpikir dengan mengurangi area pemikiran negatif, dan akhirnya bertindak sebagai panduan bagi individu dalam menanggapi penyelesaian masalah. Tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui gambaran perilaku bullying oleh subjek di SMPN 7 Anggeraja. (2) Untuk mengetahui gambaran penerapan teknik self instruction dalam mengurangi perilaku bullying oleh subjek di SMPN 7 Anggeraja. (3) Untuk mengetahui pangaruh teknik self instruction dalam mengurangi perilaku bullying bagi siswa oleh subjek di SMPN 7 Anggeraja. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR) dan menggunakan desain A-B-A. Adapun subjek pada penelitian ini adalah dua orang siswa kelas IX di SMPN 7 Anggeraja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis visual yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan perilalaku bullying yang dilakukan oleh subjek. Pada tahap baseline A1 perolehan skor perilaku bullying subjek M dan KMA yaitu 6 dan 5 yang tergolong tinggi. Pada tahap intervensi B saat diberikan perlakuan berupa konseling individu dengan teknik self instruction menunjukkan beberapa perubahan perilaku yang lebih stabil. Kemudian tahap baseline A2 setelah diberikan intervensi menunjukkan hasil yang lebih baik dengan perolehan skor subjek M dan KMA yaitu 2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pennerapan teknik self instruction dapat mengurangi perilaku bullying pada subjek di SMPN 7 Anggeraja. Kata Kunci : Teknik Self Instruction, Bullying

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Oct 2024 01:39
Last Modified: 07 Oct 2024 01:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36181

Actions (login required)

View Item View Item