Muh. Yuzril Mushawwir D.Saputra (2024) PENERAPAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN SELF DISCLOSURE RENDAH PADA SISWA DI SMA NEGERI 18 MAKASSAR.
Text
Yuzril_Artikel_Ilmiah_Skripsi_Bimbingan_dan_Konseling.pdf Download (521kB) |
Abstract
Muh. Yuzril Mushawwir D.Saputra, 2024. Penerapan Teknik Assertive Training Dalam Meningkatkan Self Disclosure rendah Pada Siswa Di SMA Negeri 18 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. Abdul Saman, M. Si., Kons dan Dr. Sahril Buchori, M.Pd. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan Teknik Assertive Training dalam meningkatkan self disclosure rendah pada siswa di SMA Negeri 18 Makassar. Adapun masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana gambaran self disclosure rendah siswa di SMA Negeri 18 Makassar? (2) Bagaimana gambaran penerapan Teknik assertive training dalam meningkatkan self disclosure rendah siswa di SMA Negeri 18 Makassar? (3) Apakah penerapan Teknik assertive training dapat meningkatkan self disclosure rendah siswa di SMA Negeri 18 Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran self disclosure rendah siswa di SMA Negeri 18 Makassar. (2) Untuk mengetahui gambaran penerapan Teknik assertive training dalam meningkatkan self disclosure rendah siswa di SMA Negeri 18 Makassar. (3) Untuk mengetahui penerapan Teknik assertive training dapat meningkatkan self disclosure siswa di SMA Negeri 18 Makassar. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR) dan menggunakan desain A-B-A. Adapun subjek pada penelitian ini adalah 1 orang siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 18 Makassaryang memiliki self disclosure rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis visual. Hasill penelitian menunjukkan bahwa: (1) Self disclosure yang dimiliki siswa sebelum diberikan perlakuan berada pada kategori rendah. (2)Pelaksanaan Teknik assertive training dalam meningkatkan self disclosure rendah pada siswa dilaksanakan sebanyak 14 kali pertemuan dimana 4 kali pengukuran baseline A1, 6 kali pengukuran baseline intervensi, dan 4 kali pengukuran baseline A2. (3) Penerapan Teknik assertive training dapat meningkatkan self disclosure rendah siswa. Kata kunci: Teknik Assertive Training, Self Disclosure Rendah
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 00:49 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 00:49 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36161 |
Actions (login required)
View Item |