Nurul Fauziyyah Isma (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POSTER INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN STUDI LANJUT BAGI SISWA SMA DI KABUPATEN PINRANG.
Full text not available from this repository.Abstract
Nurul Fauziyyah Isma. 2024. Pengembangan Media Poster Interaktif Berbasis Website Untuk Meningkatkan Pemahaman Studi Lanjut Bagi Siswa SMA di Kabupaten Pinrang. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Prof. Dr. Abdullah Sinring, M.Pd., dan Dr. Sahril Buchori, SPd., M.Pd.) Penelitian ini mengembangkan media poster interaktif berbasis website untuk meningkatkan pemahaman studi lanjut bagi siswa SMA di Kabupaten Pinrang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) Gambaran kebutuhan media poster interaktif berbasis website untuk meningkatkan pemahaman studi lanjut bagi siswa SMA di Kabupaten Pinrang, (2) Prototipe media poster interaktif berbasis website untuk meningkatkan pemahaman studi lanjut bagi siswa SMA di Kabupaten Pinrang, 3) Tingkat validitas dan kepraktisan media poster interaktif berbasis website untuk meningkatkan pemahaman studi lanjut bagi siswa SMA di Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi terhadap data kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Permasalahan yang dialami siswa SMA di Kabupaten Pinrang adalah siswa kurang informasi studi lanjut, siswa ragu menentukan perencanaan studi lanjut, serta tidak dapat menentukan studi lanjutan secara mandiri. (2) media poster interaktif berbasis website untuk meningkatkan pemahaman studi lanjut diharapkan menjadi solusi permasalahan karier siswa, dengan isi yang meliputi informasi seputar perguruan tinggi seperti jenis, daftar, program studi, prospek kerja, jalur masuk serta tips memilih pada perguruan tinggi. 3) Penilaian materi yang dilakukan oleh ahli materi diperoleh persentase 86% (sangat valid). Penilaian oleh ahli media diperoleh persentase 91% (sangat valid). Penilaian oleh guru BK diperoleh dari ketiga aspek yaitu kegunaan, kelayakan, dan ketepatan dengan total persentase yang didapat sebesar 92% (sangat praktis) dan penilaian oleh siswa diperoleh persentase 98% dengan kriteria sangat praktis. Kesimpulannya, media poster interaktif berbasis website untuk meningkatkan pemahaman studi lanjut yang dikembangkan telah valid dan menunjukkan hasil kategori sangat praktis berdasarkan uji ahli dan uji coba lapangan pada kelompok kecil. Sehingga dinilai sangat layak sebagai media pendukung layanan informasi studi lanjut bagi siswa SMA. Kata Kunci : Karier, Media Poster Interaktif Berbasis Website, Meningkatkan Pemahaman Studi Lanjut, Informasi Studi Lanjut.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 02:00 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 02:00 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36155 |
Actions (login required)
View Item |