PENERAPAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENGURANGI PERILAKU KONFORMITAS NEGATIF SISWA DI MTS DDI KANANG

Mutiara Hikma (2024) PENERAPAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENGURANGI PERILAKU KONFORMITAS NEGATIF SISWA DI MTS DDI KANANG.

[img] Text
JURNAL Mutiara Hikma .pdf

Download (174kB)

Abstract

Mutiara Hikma, 2024, Penerapan Teknik Assertive Training Untuk Mengurangi Perilaku Konformitas Negatif Siswa di MTs DDI Kanang. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Prof. Dr. Abdullah Pandang, M.Pd.. dan Prof. Dr. Farida Aryani, M.Pd. Peneliti ini membahas tentang penerapan teknik assertive training untuk mengurangi perilaku konformitas negatif siswa di MTs DDI Kanang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tingkat perilaku konformitas negatif siswa di MTs DDI Kanang, (2) pelaksanaan teknik assertive training yang dapat mengurangi perilaku konforitas negatif, (3) teknik assertive training dapat mengurangi perilaku konformitas negatif di MTs DDI Kanang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental dengan model quasi experimental design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 50 siswa dan sampel penelitian ini sebayak 14 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 7 siswa. Penarikan sampel dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument skala perilaku konformitas negatif dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan uji-t berbantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingginya perilaku konformitas negatif siswa di MTs DDI Kanang, (2) pelaksanaan assertive training dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui 8 kali pertemuan yaitu analisis kebutuhan laihan keasertifan, mencantumkan bahan informasi, berlatih membangun harga diri, berlatih melakukan penolakan dan berkata tidak, mengerjakan pekerjaan rumah, membahas hasil pekerjaan rumah dan pengakhiran. Pada saat pelaksanaan teknik assertive training, siswa menunjukkan keaktifan yang sangat tinggi. (3) ada perbedaan perilaku konformitas negatif secara signifikan pada kelompok yang diberikan perlakuan dan pada kelompok yang tidak diberikan perlakuan berupa teknik assertive training. Artinya, penerapan teknik assertive training dapat mengurangi konformitas negatif siswa di MTs DDI Kanang Kata Kunci: Assertive training, Perilaku konformitas negatif pada siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:52
Last Modified: 23 Sep 2024 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36142

Actions (login required)

View Item View Item