Nurul Ramadhan (2024) PENERAPAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN ASERTIVITAS SISWA KORBAN BULLYING DI MTSN 1 KOTA MAKASSAR.
Text
Nurul Ramadhani_1944040030_Artikel Ilmiah Skripsi_Psikologi Pendidikan dan Bimbingan.pdf Download (1MB) |
Abstract
Nurul Ramadhani, 2023. Penerapan teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Asertivitas Siswa Korban Bullying di MTsN 1 Kota Makassar. Dibimbing oleh Prof. Dr. Abdul Saman, M.Si, Kons. dan Dr. Sahril Buchori, S.Pd.,M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Asertivitas Siswa Korban Bullying di MTsN 1 Kota Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana gambaran perilaku asertif siswa korban bullying di MtsN 1 Kota Makassar. (2) Bagaimana proses pelaksanaan teknik Assertive Training untuk meningkatkan asertivitas siswa korban bullying di MtsN 1 Kota Makassar. (3) Apakah penerapan teknik Assertive Training dapat meningkatkan asertivitas siswa korban bullying di MtsN 1 Kota Makassar. Adapun tujuan penelitian : (1) Untuk mengetahui gambaran tingkat perilaku asertif siswa korban bullying di MtsN 1 Kota Makassar. (2) Untuk mengetahui gambaran proses pelaksanaan teknik Assertive Training untuk meningkatkan asertivitas siswa korban bullying di MtsN 1 Kota Makassar. (3) Untuk mengetahui penerapan teknik Assertive Training dapat meningkatkan asertivitas siswa korban bullying di MtsN 1 Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen Quasi Eksperiment Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala asertivitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan program SPSS v.25. Hasil penelitian ini menunjukkan 1. Asertivitas korban bullying pada kelompok eksperimen pada saat pretest berada pada kategori rendah dan pada saat posttest berada pada kategori tinggi. Sedangkan pada kelompok kontrol pada saat pretest berada pada kategori rendah dan pada saat posttest berada pada kategori rendah. 2. Pelaksanaan Teknik Assertive Training sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui 7 kali pertemuan yaitu melakukan analisis kebutuhan latihan keasertifan, mencantumkan bahan informasi, berlatih membangun harga diri, berlatih melakukan penolakan dan berkata tidak, mengerjakan pekerjaan rumah, membahas hasil pekerjaan rumah dan mengakhiri pekerjaan terminasi. Penerapan Teknik Assertive Training dapat meningkatkan asertivitas siswa korban bullying secara signifikan di MTsN 1 Kota Makassar. Kata Kunci : Asertivitas, bullying
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 07:01 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 07:01 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36085 |
Actions (login required)
View Item |