MUH. RAFLI HIDAYAT (2024) PENGEMBANGAN MEDIA SPIN WHEEL OF SELF CONFIDENDE UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA YANG MERASA MINDER DALAM PERGAULAN DI SMAN 18 MAKASSAR.
Text
Jurnal Muh. Rafli Hidayat. DK_1944042027.pdf Download (1MB) |
Abstract
MUH. RAFLI HIDAYAT. DK. 2024. Pengembangan Media Spin Wheel Of Self Confidence Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Yang Merasa Minder Dalam Pergaulan di SMAN 18 Makassar. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abdullah Sinring, M.Pd. dan Dr. Sahril Buchori S.Pd., M.Pd Penelitian ini mengembangkan media spin wheel of self confidende dalam layanan klasikal untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa yang merasa minder dalam pergaulan di SMAN 18 Makassar. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui; 1) Gambaran kebutuhan kepercayaan diri siswa yang merasa minder dalam pergaulan di SMAN 18 Makassar; 2) Prototipe pengembangan media spin wheel of self confidence untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa yang merasa minder dalam pergaulan di SMAN 18 Makassar; 3) Tingkat kevalidan pengembangan media spin wheel of self confidence untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa yang merasa minder dalam pergaulan di SMAN 18 Makassar; 4) Tingkat kepraktisan pengembangan media spin wheel of self confidence untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa yang merasa minder dalam pergaulan di SMAN 18 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan desain penelitian model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Guru BK dan siswa menunjukkan kebutuhan yang tinggi akan adanya media spin wheel of self confidence untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa yang merasa minder dalam pergaulan di sekolah; 2) prototipe media spin wheel of confidence terdiri dari tiga bagian yaitu spesifikasi isi, spesifikasi media dan spesifikasi pengguna; 3) Penilaian media spin wheel of self confidence oleh ahli materi diperoleh persentase 83,3% (sangat valid). Penilaian oleh ahli media memperoleh persentase 90% (sangat valid); 4) Penilaian oleh guru BK diperoleh nilai dari ketiga aspek yaitu kegunaan kelayakan, dan ketepatan dengan total persentase yang didapat sebesar 87,5% dengan kriteria sangat praktis dan penilaian oleh siswa memperoleh hasil dengan persentase 87,92% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan uji kelayakan dan kepraktisan oleh ahli, guru BK dan siswa, media spin wheel of self confidence dinyatakan layak digunakan sebagai media layanan informasi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa yang merasa minder dalam pergaulan di SMAN 18 Makassar. Kata kunci: Kepercayaan Diri, Media Spin wheel, layanan Informasi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 06:56 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 06:56 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36084 |
Actions (login required)
View Item |