Tri Adi Purnomo (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BK BERBASIS AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA PENGENALAN KARIER SISWA DI SDN 68 BASSARAN.
Text
Pengembangan Media BK Berbasis Audio Visual Sebagai Upaya Pe.pdf Download (130kB) |
Abstract
Tri Adi Purnomo. 2024 Pengembangan media Audio Visual Dalam Bimbingan dan Konseling Untuk Mengembangkan media Audio Visual dalam layanan informasi karier. Dibimbing oleh Prof. Dr. Abdullah Pandang, M.Pd., dan Akhmad Harum, S.Pd., M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengembangkan media bimbingan dan konseling berbasis Audio Visual sebagai layanan informasi karier pada siswa yang memiliki tingkat kekurangnya pemahaman tentang informasi karier. Tujuan dalam penelitian ini adalah menitikberatkan pada pemahaman karier siswa untuk mengetahui; 1) Gambaran kebutuhan media bimbingan dan konseling berbasis Audio Visual sebagai layanan informasi karier pada siswa Sekolah Dasar; 2) Prototipe media bimbingan dan konseling berbasis Audio Visual sebagai layanan informasi karier pada siswa Sekolah Dasar; 3) Untuk menghasilkan media bimbingan dan konseling berbasis Audio Visual yang valid ;4) kepraktisan media sebagai layanan informasi karier pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu model penelitian pengembangan yang memiliki 5 tahapan, yakni: 1)Analysis; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; 5) Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan pedo man wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peserta didik SDN 68 Bassaran memiliki pemahaman yang kurang tentang karier sehingga dibutuhkan media seperti Audio Visual untuk mendukung pelaksanaan layanan informasi karier; 2) Prototipe Audio Visual terdiri dari opening, introduction, isi materi, dan outro/closing; 3) Penilaian media Audio Visual dilakukan oleh ahli materi dan ahli media memperoleh hasil evaluasi sangat baik. Dari penilaian tersebut dapat dikatakan bahwa media ini masuk dalam kriteria sangat valid. 4) Tingkat kepraktisan Penilaian oleh guru/wali kelas diperoleh nilai dari ketiga aspek yaitu kegunaan, kelayakan, dan ketepatan dengan total persentase yang didapat sebesar 100% dengan kriteria sangat valid dan penilaian oleh siswa memperoleh hasil dengan persentase 84,7% dengan kriteria cukup valid. Kesimpulannya, tingkat validitas dari Audio Visual sebagai layanan informasi karier dinyatakan telah valid untuk digunakan siswa. Dan kepraktisan dari media Audio Visual dinyatakan telah praktis sesuai dengan hasil uji praktisi yang dilakukan oleh guru SDN 68 Bassaran sehingga media layak untuk diuji cobakan secara luas. Kata kunci : Audio Visual, Karier, Bimbingan Dan Konseling
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 06:51 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 06:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36083 |
Actions (login required)
View Item |